Panitia dari tim Durian Traveler Indonesia, Alif memperlihatkan salah satu durian dari Aceh Jaya pada festival dan lomba durian di pinggir Pantai Pasie Luah, Calang, Kecamatan Krueng sabee Kabupaten Aceh Jaya.
Sumber :
  • Istimewa/Antara

Promosikan Wisata Setempat, Traveler Gelar Festival Lomba Durian di Aceh Jaya

Senin, 18 Juli 2022 - 00:33 WIB

Aceh Jaya, Aceh – Mempromosikan wisata Kabupaten Aceh Jaya, Traveler Indonesia gelar festival dan lomba durian di pinggir pantai Pasie Lua, Calang, Kecamatan Kreung Sabee dari tanggal 16 hingga 18 Juli 2022.

Hal ini diungkapkan Ketua Panitia Festival dan Lomba Durian, Alif, seperti yang dikutip tvonenews.com dari Antara, Minggu (17/7/2022). Kemudian, ia menyebutkan sejak dibukanya pendaftaran festival tersebut, sudah ada 25 varietas yang sudah mendaftar dalam ajan festival terbesar di Aceh Jaya dan Aceh Besar tersebut.

“Sejak dua tahun terakhir pihaknya sudah melakukan pendalaman materi terhadap durian di Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar sehingga menemukan banyak hal terkait durian asli di dua kabupaten tersebut,” ujar Alif.

Sambungnya menjelaskan, di Aceh Jaya sendiri juga terdapat ada durian yang buahnya besar seperti salah satu durian dari Thailand. Namun durian tersebut punya karakter dan memiliki cita rasa local.

Lanjutnya mengatakan, melihat petani durian di Aceh Jaya dan Aceh Besar, selama ini sudah serius dalam budidaya durian sehingga mereka tidak lagi hanya mengandalkan cara tradisional. Bahkan, durian Mi eh (kucing tidur) yang ada di kabupaten tersebut cita rasanya begitu enak dan tidak kalah dengan durian-durian di luar negeri atau daerah lain.

“Tak hanya itu saja, untuk daerah Aceh Jaya juga mempunyai lebih banyak varian durian dari hasil petani durian yang rasanya juga luar bisa. Bahkan, pada tahun pertama kami menemukan delapan kandidat berbakat durian yang bisa dibawa ke kancah internasional dan pada tahun ke dua ada lima jagoan baru lagi dari tempat yang berbeda serta saat ini kami juga menemukan calon baru lagi dari hasil petani tradisional di Aceh Jaya. Itu yang membuat kami mengadakan kegiatan di sini," pungkasnya. (Aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:13
03:54
03:28
00:56
08:45
07:17
Viral