Petugas Dinas Perkebunan Dan Peternakan Kabupaten Tanggamus, Lampung, melakukan penyuntikan 250 vaksin PMK ke hewan ternak..
Sumber :
  • Tim TvOne/Pujiansyah

250 Hewan Ternak di Tanggamus Lampung Disuntik Vaksin PMK

Jumat, 22 Juli 2022 - 12:15 WIB

Tanggamus, Lampung - Sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polres Tanggamus bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) melaksanakan penyuntikan vaksin terhadap hewan ternak di wilayah Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Vaksinasi dilakukan terhadap 250 ekor ternak milik warga dengan harapan upaya pencegahan berhasil dengan baik dan hewan ternak tidak mengalami PMK. "Kegiatan hari ini, kita melaksanakan vaksinasi PMK bersama dengan Dinas Peternakan dan Perkebunan yang mana kita lakukan door to door. Target hari ini 250 ekor," kata Kasat Binmas Polres Tanggamus, Iptu Iman Sobri, Jumat (22/7/2022).

Menurut Kasat, hingga saat ini di Kabupaten Tanggamus tidak ada laporan hewan ternak terinfeksi PMK dan melalui vaksin seluruh hewan ternak di Tanggamus sehat. "Alhamdulillah di Tanggamus sendiri belum ada yang terjangkit, harapannya setelah divaksin, virus PMK tidak masuk ke Tanggamus dan hewan ternak sehat semua," harapnya.

Sementara itu, Dokter Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus, Drh. Ari Priyanto, menjelaskan sebelum vaksinasi, pihaknya terlebih dahulu melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya PMK sehingga proses vaksinasi berjalan dengan baik. "Untuk target hari ini 250 ekor, kendala di lapangan yang kita hadapi selama ini jarak lokasi dan cuaca kadang hujan kadang panas," kata Ari Priyanto.

“Untuk kriteria wawancara dengan peternak meliputi sehat atau tidak ternaknya, umur ternak yang penting sehat ternaknya dan yang bisa divaksin anaknya umur 2 tahun,” sambungnya.

Ia menjelaskan, adapun ciri-ciri hewan terinfeksi PMK yaitu apabila mengeluarkan air liur yang berlebihan, ada lesi di mulut, terdapat luka pada bagian kaki, juga nafsu makan turun drastis. "Untuk pencegahan awal, kita imbau kepada peternak jaga kebersihan kandang dan selalu disinfektan sekitar kandang," tandasnya. (puj/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
05:44
04:18
Viral