Petugas Polres Pesawaran bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran melaksanakan vaksinasi hewan ternak dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
Sumber :
  • Tim tvOne/Pujiansyah

153 Hewan Ternak Sapi di Pesawaran Lampung Disuntik Vaksin PMK

Minggu, 24 Juli 2022 - 09:41 WIB

Pesawaran, Lampung - Polres Pesawaran bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, melaksanakan vaksinasi hewan ternak dalam rangka pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Menurut Kasat Binmas Polres Pesawaran, Iptu Matera, ada sebanyak seratus lebih ternak sapi yang mendapat vaksinasi PMK.

"Ada 153 hewan ternak sapi milik peternak dan kelompok tani di Dusun Tanjung Harapan dan Dusun Tanjung Jaya, Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Katon diberikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku," kata Kasat Binmas Polres Pesawaran, Iptu Matera, Sabtu (22/7/2022).

Kasat Binmas menambahkan, vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran PMK terhadap hewan ternak di Kabupaten Pesawaran. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin PMK, petugas memberikan sosialisasi tentang bahaya penyakit PMK terhadap hewan ternak.

"Untuk saat ini, belum ada laporan hewan ternak di Kabupaten Pesawaran yang terdampak PMK. Diharapkan para pemilik ternak memahami maksud dan tujuan Vaksinasi Hewan untuk menekan tingkat kerugian peternak apabila hewan terkena PMK," pungkasnya.

Petugas Vaksinasi dilakukan oleh tim Vaksinator dari Puskesmas Negeri Katon yang terdiri dari 1 Orang Dokter Hewan, 8 Orang Inseminator dan 4 Orang penyuluh Perkebunan dan Peternakan. Kegiatan Vaksin hari ini dipimpin oleh Eka Juniati, selaku Sub Koordinator Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran.

Menurut Eka Juniati, sebanyak 153 dosis vaksin yang akan disuntikan hewan tenak sapi, dimana sebelumnya seluruh hewan ternak telah dilakukan pemeriksaan yang mendalam.

"Vaksin yang dipersiapkan adalah sebanyak 153 dosis dan sudah divaksin terhadap 153 ekor hewan ternak Sapi yang sebelumnya sudah melalui tahap pemeriksaan kesehatan hewan jadi semua sapi yang akan divaksin sudah dipastikan dalam kondisi sehat tanpa ada gejala klinis," terang Eka Juniati. (Puj/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral