Tim Medis Tengah Melakukan Pengobatan Terhadap Pasien di Tebo.
Sumber :
  • tim tvone/Tarmizi

125 Warga Jambi Keracunan Usai Menyantap Sate, Korban Alami Muntah-muntah Hingga Demam

Senin, 1 Agustus 2022 - 18:12 WIB

Tebo, Jambi - Sebanyak 125 warga Desa Teluk Lancang, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Tebo, Jambi, keracunan makanan. Kerancunan terebut diduga karena usai menyantap sate pada perayaan tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, Jumat (29/7/2022) lalu.

Kepala Puskesmas Teluk Lancang, Aris Budiman menyatakan, ratusan warga yang mengalami keracunan di antaranya mayoritas dari kalangan para pelajar dan orang dewasa. Korban keracunan tersebut alami mual, muntah-muntah, hingga  demam.

“Jumlah pasien yang keracunan diduga usai makan sate pada jumat tanggal 29 Juli kemarin terus bertambah. Saat ini, jumlah pasien yang keracunan sebanyak 125 orang, mayoritas hampir dari kalangan pelajar hingga orang dewasa," kata Aris Budiman kepada tvonenews.com, Senin (1/8/2022).

Sambung Aris menyampaikan, bahwa saat ini para korban keracunan sebagian ada yang sudah membaik dan tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit. Sementara, ia katakan juga, ketersediaan obat di Puskesmas masih mencukupi.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinkes, karena ini kejadian luar biasa (klb) jadi obat di drop penanganan pasien yang keracunan ini," terangnya.

Akibat keterbatasan ruangan, korban yang keracunan makanan ini di rawat di 2 tempat yakni Puskesmas Teluk Lancang dan Klinik Darmasraya Sumatera Barat. Sedangkan, untuk penanganan pasien, pihaknya di bantu tim medis dari 3 Puskesmas, yakni dari Puskesmas Sungai Abang, Pasir Mayang dan Puskesmas Pulau Temiang.

"Ada 7 orang tim medis yang ikut membantu, 1 orang dokter dan 6 orang perawat," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral