Kantor DPD PDI Perjuangan Sumatera Utara.
Sumber :
  • tim tvone/Zulfahmi

Fraksi PDI Perjuangan Pertanyakan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Pemko Medan

Selasa, 2 Agustus 2022 - 00:10 WIB

Medan, Sumatera Utara – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Medan, Margareth MS, mempertanyakan transparansi pengelolaan keuangan daerah Pemerintahan Kota (Pemko) Medan, saat di Ruang Paripurna Gedung DPRD Kota Medan, Senin (01/08/2022).    

Hal ini dipertanyakan, karena seiringnya dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, tuntutan masyarakat akan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah terus meningkat. Maka, keuangan daerah haruslah merujuk pada beberapa asas umum yang menjadi prinsip dasar, agar pengelolaan keuangan daerah tertib.

“Baik taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan bermanfaat bagi masyarakat akan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah terus meningkat,” pungkasnya.

"Transparansi dapat diartikan sebagai prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi yang seluas-luasnya tentang keuangan daerah," sambung Margareth MS menjelaskan.

Kemudian, ia katakan, akuntabel diartikan setiap kegiatan dan hasil akhir dari perencanaan pembangunan daerah harus dapat dipertanggungjawabkan kepada rakyat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Disamping itu, Margareth menuturkan, pengelolaan keuangan daerah juga harus merujuk pada beberapa asas umum yang menjadi prinsip dasar agar pengelolaan keuangan daerah. Seperti, pengelolaan keuangan daerah secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan dan bertangungjawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Dalam hal ini, apa saja perbedaan dari Ranperda Pengelolaan Keuangan Daerah ini dengan Peraturan Daerah Kota Medan Nomor 7 Tahun 2009 tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah?, Mohon penjelasan," tutur politisi asal Dapil 2 Kota Medan itu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:18
14:22
10:10
05:38
05:41
Viral