Penjahit bendera dan umbul-umbul merah putih di Kota Medan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Bahana

Momen HUT RI, Penjahit Bendera di Medan Banjir Pesanan hingga ke Luar Kota

Kamis, 4 Agustus 2022 - 11:26 WIB

Medan - Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu ditunggu Tiopan Sinaga (51) bersama keluarga. Perajin bendera di Kota Medan ini mengaku sudah banyak menerima orderan, baik dari dalam kota maupun luar kota. 

Sejak bulan Juli lalu, ia bersama keluarganya memproduksi bendera dan umbul-umbul merah putih.

Bisnis keluarga yang berlokasi di Jalan Djamin Ginting, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan ini telah ditekuni selama lebih kurang 20 tahun. Pembuatan bendera hanya dilakukan saat perayaan HUT Kemerdekaan 17 Agustus dan perayaan HUT Kota Medan.

"Pembuatan bendera ini mulai saya tekuni sejak saya sudah berumahtangga, sudah hampir 20 tahun lalu. Bisnis ini hanya musiman, kalau ada perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan 17 Agustus atau HUT Kota Medan saja," kata Tiopan Sinaga.

Sehari-hari, Tiopan hanya bekerja sebagai ojek online (ojol), sementara profesi menjahit bendera merupakan usaha turunan dari mertuanya.

Untuk saat ini produksi Tiopan dan istri sudah lebih dari ratusan bendera dan untuk pemesanan sendiri sudah dikirim ke Tanah Karo, dan Kota Dairi.

"Ini sudah ratusan lebih bendera yang dibuat dan dalam pembuatannya saya hanya bersama istri. Kalau pemasaran untuk luar kota seperti ke Tanah Karo, Sidikalang dan Dairi," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral