Komplotan bobol ATM antar provinsi berhasi diringkus Polda Sumsel..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Rizal

Bobol Puluhan Gerai ATM, Polisi Bekuk 3 Pelaku, 2 DPO

Kamis, 4 Agustus 2022 - 12:30 WIB

Palembang - Komplotan bobol ATM antar provinsi berhasil diringkus oleh anggota Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel. Adapun ketiga pelaku, adalah Imron (46), Maryadi (32) masing-masing warga Kabupaten Tanggamus, Lampung. Sedangkan Arwansyah warga asal Pulau Jawa.

Komplotan bobol ATM ini diringkus oleh tim yang dipimpin Kanit I Kompol Willy Oscar dan Panit AKP Biladi Ostin serta Katim Aipda Kelvin Marley di sebuah penginapan dan apartemen kawasan Ciputat Jakarta Selatan.

"Kami mainnya memang banyak di wilayah Sumatera Selatan di kabupaten kita ,seperti di Prabumulih, Baturaja, Muara Enim, dengan Kota Palembang. Kalau di luar Sumatera, kami mainnya (beraksi) di Jakarta," kata salah satu pelaku, Maryadi.

Dalam aksinya, para pelaku memiliki peranan masing-masing. Maryadi biasa berperan mencongkel mesin ATM, sedangkan dua rekannya mengamati lokasi sekitar. Dalam sekali beroperasi, mereka mampu menarik maksimal 25 lembar uang dari 26 lebih gerai ATM yang mereka akui sudah jadi sasaran.

"Kalau di Sumsel, biasanya kami bergeraknya di gerai ATM BSB. Soalnya lebih mudah dijebol. Bank Sumsel Babel sendiri sudah 26 gerai yang di gasak," ucap pelaku.

Sedangkan untuk mencari gerai ATM sasaran komplotan ini mencarinya melalui aplikasi Google Map, dan tidak menutup kemungkinan dalam satu hari para pelaku bisa menggasak 10 hingga 15 gerai ATM.

Sementara itu, Dirkrimum Polda Sumsel Kombes Pol M Anwar, mengatakan saat melancarkan aksinya, ketiga pelaku sudah mempersiapkan alat khusus yang terbuat dari besi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
06:00
Viral