Gajah Sumatera Melahirkan Bayi Jantan di Taman Satwa Lembah Hijau.
Sumber :
  • Tim Tvone/Pujiansyah

Gajah Sumatera Melahirkan Bayi Jantan di Taman Satwa Lembah Hijau

Selasa, 9 Agustus 2022 - 17:37 WIB

Bandar Lampung, Lampung - Seekor bayi gajah Sumatera lahir dari indukan gajah bernama Mega (25 tahun) di Kebun Binatang Lembah Hijau, Bandar Lampung. Kelahiran bayi gajah berkelamin jantan ini merupakan yang pertama di Sumatera lahir di Lembaga Konservasi (Ex Situ).

Bayi gajah jantan dari pasangan Mega dan Aris gajah asal Sumatera ini lahir pada Minggu (7/8/2022)  sekitar pukul 7.24 WIB, dengan berat badan sekitar 102 kilogram dengan panjang badan 111 meter dan mempunyai panjang 33 cm dengan tinggi 86 cm.

Komisaris Utama Lembah Hijau Lampung, M Irwan Nasution mengatakan, bayi gajah ini merupakan yang pertama lahir di Lembah Hijau Lampung setelah selama 6 tahun berada di Lembaga Konservasi tersebut.

"Alhamdulillah lahir dengan sehat bayi gajah dari hasil perkawinan gajah jantan Sumatera bernama Aris dan indukan betina bernama Mega pada Minggu (7/8/2022) pagi," kata Irwan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/8/2022).

Irwan pun berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah mempercayai Lembah Hijau dan kelahiran anak gajah ini sebagai kado untuk Lembah Hijau dalam merayakan Hari Gajah sedunia pada 12 Agustus dan Kemerdekaan RI ke-77.

"Setelah sekitar 6 tahun di Lembah Hijau, alhamdulillah melahirkan satu ekor anak gajah. Mohon doanya mudah-mudahan bayi gajah ini bisa terus tumbuh dengan sehat. Terima kasih kepada Pemerintah yang telah memberikan kepercayaan terhadap Lembah Hijau," papar Irwan.

Sementara itu, Ketua Forum Mahout, Nazaruddin mengungkapkan kelahiran bayi gajah di Lembah Hijau Lampung tersebut merupakan yang pertama di Sumatera lahir secara Ex Situ atau di Kebun Binatang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral