Petugas BPBD Dilokasi Banjir Akibat Luapan Sungai Bangkatan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Taufik Hidayat

Sungai Bangkatan Meluap, Ratusan Rumah di 2 Kecamatan Di Binjai Terendam Air

Senin, 22 Agustus 2022 - 13:42 WIB

Binjai, Sumatera Utara - Akibat meluapnya Sungai Bangkatan yang mengalir di dua kecamatan di Kota Binjai, Kecamatan Binjai Kota dan Kecamatan Binjai Selatan, ratusan rumah warga sudah beberapa hari ini terendam air.

Meski sempat surut, namun pada malam tadi air kembali naik dan merendam rumah-rumah warga setinggi 160 cm yang disebabkan karena hujan yang kembali turun dari malam hingga pagi tadi.

Pantauan awak media, meluapnya air sungai bangkatan ini terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, sehingga aliran sungai yang kecil tidak mampu menampung debit air.

Data dari BPBD Kota Binjai pada Senin (22/8/2022) sedikitnya ada 300 kepala keluarga yang tersebar di Kecamatan Binjai Kota dan Kecamatan Binjai Selatan yang terdampak banjir.

Kecamatan Binjai Selatan, rumah yang terdampak banjir terjadi di Kelurahan Rambung Barat sebanyak 147 KK, Kelurahan Binjai Estate sebanyak 8 KK, dan Kelurahan Pujidadi sebanyak 24 KK, sedangkan di Kecamatan Binjai Kota, terdampak banjir di Kelurahan Setia sebanyak 121 KK.

Kepala pelaksana BPBD Kota Binjai, Iman Siswanto mengatakan sejak terjadinya banjir petugas dari BPBD langsung turun ke lokasi dan membantu evakuasi warga ketempat aman. Bahkan hingga kini BPBD Kota Binjai masih mendirikan posko di lokasi banjir.

"Pusdalops hingga kini terus melakukan koordinasi bersama pihak kelurahan dan kecamatan dalam melakukan update data terkait pasca bencana. Bahkan Satgas BPBD Kota Binjai terus berjibaku dalam evakuasi pohon dan rumah terdampak, serta tetap standby di lokasi pasca bencana banjir dan membatu warga apabila membutuhkan dalam melakukan evakuasi serta membuka posko Bencana Banjir di Kelurahan Rambung Barat," ucap Kalaksa BPBD Kota Binjai, Iman Siswanto, saat dikonfirmasi awak media pada Senin (22/8/2022). (Tht/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:10
01:00
11:11
09:23
08:52
01:36
Viral