Protes Cantrang dan Pukat Trawl, DPRD Bintan Digeruduk Nelayan.
Sumber :
  • tim tvone/Kurnia Syafullah

Protes Cantrang dan Pukat Trawl, DPRD Bintan Digeruduk Nelayan

Senin, 22 Agustus 2022 - 16:52 WIB

Bintan, Kepulauan Riau - Puluhan perwakilan nelayan yang tergabung dalam Forum Perjuangan Pelarangan Cantrang dan Pukat Trawl se-Kabupaten Bintan geruduk kantor DPRD Bintan Kepulauan Riau, Senin (22/08/2022). Hal lantaran ingin menyampaikan pernyataan sikap Penolakan penggunaan cantrang dan pukat trawl. 

Seorang nelayan selaku koordinator aksi, Yadi mengatakan, Kapal pukat trawl yang beroperasi di perairan Bintan meresahkan nelayan tradisional yang sehari-hari mencari ikan menggunakan alat tangkap jenis Bubu.

"Kapal-kapal pukat itu beroperasi di wilayah 3 mil laut, hasil tangkapan kami jauh berkurang, kadang alat tangkap kami pun disapu mereka," ujar Yadi.

Bersama puluhan nelayan lainnya, Yadi juga mengeluhkan nasib para nelayan tradisional di Bintan.

"Sudah tidak ada lagi ikan di wilayah tangkap kami, semua disapu kapal pukat, mau makan apa keluarga kami," keluh Yadi.

Aksi unjuk rasa nelayan di kantor DPRD Bintan kemudian berlanjut dengan penyampaian pernyataan sikap setelah 10 perwakilan nelayan diterima audiensi di ruang rapat Komisi I oleh Wakil Ketua DPRD Bintan, Fiven Sumantri.  

Perwakilan Nelayan, Mustafa Abbas menyampaikan tiga poin pernyataan sikap nelayan, pertama menolak dengan tegas penggunaan pukat trawl dan cantrang atau jaring hela (jaring berkantong) beroperasi di wilayah Kabupaten Bintan

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral