Hindari Wabah PMK, Ratusan Hewan Ternak di Karimun Divaksin.
Sumber :
  • Tim Tvone/Alboin Hironimus

Hindari Wabah PMK, Ratusan Hewan Ternak di Karimun Divaksin

Senin, 29 Agustus 2022 - 18:49 WIB

Karimun, Kepulauan Riau - Sebanyak 300 hewan ternak di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) telah diberikan suntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemberiaan vaksin ini dilakukan secara bertahap guna menghindari wabah PMK yang menyerang hewan ternak.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Karimun, Sukrianto Jaya Putra menyebutkan tahap awal pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Karimun, Kundur dan Ungar.

"Tahap awal ini ada 300 hewan ternak yang terdata menerima vaksin PMK, kita fokuskan selama 4 hari dari tanggal 23 - 26 agustus lalu," sebut Sukri, Senin (29/8/2022).

Ia menjelaskan, pemberian vaksin PMK ini akan dilakukan bertahap. Nantinya hewan ternak ini akan kembali divaksin dengan senjang waktu satu bulan kedepan.

"Ini tahap pertama, nanti bulan depan akan kita vaksin lagi hewan ternaknya. Lalu interval enam bulan lagi untuk vaksin ketiga," ungkapnya.

Sukri juga menyebutkan hewan ternak yang diberi vaksin PMK tersebut memiliki kriteria tertentu seperti sapi betina yang produktif, sehat dan tidak memiliki riwayat sekandang dengan hewan ternak sakit.

Selain itu, pemberian vaksin kepada hewan ternaknini dilakukan oleh tenaga medis yang ahli dibidangnya. Mereka juga telah melewati pelatihan khusus vaksin hewan ternak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral