LPPM-USU Bantu Atasi Kesulitan Air bersih Warga Desa Bingkawan, Deli Serdang.
Sumber :
  • Tim Tvone/Fahmi

LPPM-USU Bantu Atasi Kesulitan Air bersih Warga Desa Bingkawan

Selasa, 30 Agustus 2022 - 13:29 WIB

Deli Serdang, Sumatera Utara - Desa Bingkawan, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), seluas sekitar 250 hektare secara sepintas tak memiliki masalah apa pun, karena warga desa kebanyakan bermukim di sepanjang jalan lintas Medan-Berastagi.

Tetapi, warga desa yang bermukim di perbukitan atau yang lebih dikenal dengan Dusun Sikeci-keci ternyata harus menuruni lembah yang dalam melalui jalan setapak yang curam dan licin untuk mendapatkan air bersih guna keperluan minum dan memasak.

Sejak Juni 2022 lalu, 3 orang dosen dari FMIP-USU sebagai tim pelaksana kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM-USU dengan dukungan konsultan teknis pompa hidram dan budi daya hidroponik telah bekerja sama dengan warga desa untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi masyarakat.

Dr. Zahedi selaku ketua tim didampingi Dr. Suyanto dan Dr. Suryati Sitepu mengutarakan jika kesulitan untuk pengadaan air bersih ini dapat diatasi, maka warga desa akan dapat pula mengembangkan upaya budi daya sayuran hidroponik dan ikan air tawar.

“Upaya simultan ini dilakukan dengan mempertimbangkan kontur lokasi desa yang relatif bergelombang, sehingga memadupadankan antara budi daya sayuran di lokasi pemukiman dan keberadaan kolam tanah di daerah lembah akan sangat mungkin membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehari-hari,” katanya, Dr. Zahedi. Selasa (29/8/2022).

Kepala Desa Bingkawan, Erick Estrada Tarigan, menyambut baik kegiatan para dosen FMIPA-USU ini, karena itu secara khusus mengajak warga Dusun Sikeci-keci di mana instalasi pompa hidram dioperasikan untuk aktif bekerja sama tim pelaksana.

“Saya juga meminta warga untuk memelihara instalasi pompa hidram dengan sebaik baiknya, agar dapat berfungsi dalam jangka panjang,” sebutnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral