Warga berada dermaga pelabuhan saat awan hitam menyelimuti perairan Ulee Lheue, Banda Aceh..
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Ampelsa

Waspada! Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang akan Melanda Wilayah Timur Aceh Selama Tiga Hari Kedepan

Kamis, 1 September 2022 - 17:58 WIB

Banda Aceh - Wilayah timur Aceh diprediksi akan dilanda hujan disertai petir dalam tiga hari ke depan 1-3 September 2022.

Hal itu disampaikan langsung oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh.

"Dari hasil pengamatan, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi dan disertai petir," kata prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh Wiwit Nitasari, di Lhokseumawe, Kamis (1/9/2022).

Ia menyebutkan penyebab potensi hujan pada musim kemarau basah karena terjadinya belokan angin di wilayah Aceh dan sekitarnya, sehingga memicu pertumbuhan awan hujan.

Saat ini suhu permukaan laut sedang hangat, sehingga menambah suplai uap air yang mengakibatkan terbentuknya pertumbuhan awan konvektif di wilayah timur Aceh.

"Untuk wilayah pegunungan seperti Aceh Tengah dan Bener Meriah, potensi hujan disertai petir masih tinggi dengan intensitas sedang hingga lebat. Kondisi ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan longsor," katanya.

Wiwit Nitasari mengatakan kecepatan angin untuk tiga hari ke depan diprakirakan lebih kencang dari biasanya, namun tidak berpotensi terjadinya puting beliung.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral