Ditlantas Polda Bengkulu memberikan bantuan sembako pada masyarakat nelayan Malabero kota Bengkulu.
Sumber :
  • tim tvone/miko

Dampak Kenaikan Harga BBM, Nelayan Pinggir Asal Bengkulu Harus Dapat Uang Rp1 Juta Dalam Sehari: Kalau Dapur Mau Mengepul

Jumat, 9 September 2022 - 16:23 WIB

Bengkulu - Dampak kenaikan harga BBM bersubsidi, Pertalite dan Bio Solar membuat ratusan nelayan pinggir dan pancing tuna memeras otak. Hal itu lantaran biaya operasional semakin bertambah. Bahkan, sejumlah nelayan mengatakan sehari mereka harus mendapatkan uang Rp1 juta kalau dapur mau mengepul.

"Biaya operasional semakin membengkak, karena selama ini biaya kebutuhan BBM berkisar Rp400 - 500 ribu, sekarang biaya tersebut tidak cukup karena Pertalite dan Bio Solar naik, pemenuhan kebutuhan BBM  nelayan ini sangat bergantung dengan warung saat hasil tangkapan nelayan tidak ada nelayan masih bisa ngutang di warung," kata seorang Nelayan Bengkulu, Syarial, kepada tvonenews.com, Jumat (9/9/2022).

"Artinya dari harga di warung akan lebih meningkat dibanding harga di SPBU,  sekarang ini kalau nelayan rumpon menghasil kan Rp 1 juta per hari itu hanya cukup buat kebutuhan operasional untuk BBM dan kebutuhan alat pancing lainnya sangat terasa naiknya harga BBM," sambungnya menjelaskan. 

Bahkan Syahrial menghitung dengan kenaikan harga BBM di tingkatan eceran, untuk Peterlite bekisar Rp13.000 per liter dan Bio Solar Rp8000. Selain itu, ia sebutkan juga, sekali melaut nelayan paling sedikit membutuhkan 50 liter, ditambah oli setiap hari harus beli 2 botol sekali melaut.

"Pengeluaran nelayan  sekali melaut sebanyak Rp600 ribu belum lagi pancing, batrai GPS makanya skrg nelayan harus menghasilkan Rp1 juta biar mereka dapat upah untuk memenuhi kebutuhan dapur. Rp1 juta itu wajib dapat belum dibagi Anak Buah Kapal (ABK) kalau dapur masih mau mengepul," terang Syahrial.

Lanjut Syahrial, kenaikan harga BBM ada pengecualian, misal untuk sektor kelautan seperti nelayan kecil karena bila nelayan kecil dibiarkan seperti ini hidup menjadi nelayan berasa seperti bermain judi.

"Menjadi nelayan sekarang seperti main judi," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:01
19:40
00:44
02:52
04:19
02:01
Viral