Bibit dan Pupuk Gratis Dibagikan kepada Ratusan Petani di Kabupaten Samosir, Danau Toba.
Sumber :
  • Tim Tvone/Daud

Musim Tanam, Bibit dan Pupuk Gratis Dibagikan kepada Ratusan Petani di Kabupaten Samosir, Danau Toba

Rabu, 28 September 2022 - 18:57 WIB

Samosir, Sumut - Antisipasi kelangkaan bibit dan pupuk di masyarakat, terkhusus di musim tanam di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Urara, Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Sumatera Utara Rapidin Simbolon didampingi Ketua dan pengurus DPC PDI Perjuangan kabupaten Samosir Ramlan Silalahi, gelar kegiatan baksos pemberian bantuan bibit jagung dan pupuk kepada ratusan Petani di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (28/9/22).

Dalam kegiatan ini DPD PDI Perjuangan Sumut membagikan 220 kg Bibit Jagung Unggul Pioner 32 (P32) untuk kebutuhan 25 hektare lahan petani, sedangkan Pupuk dibagikan sebanyak 1.250 kg Pupuk Urea, dan 2.500 kg Phonska, yang di bagikan di 3 desa yaitu Desa Onan Runggu Kecamatan Onan Runggu, Desa Sidihoni Kecamatan Ronggur Nihuta dan Desa Simanindo kecamatan Onan Runggu kepada 150 kk Petani.

"Sesuai dengan arahan dan Intruksi Ketua Umum PDI Perjuangan Hj Megawati Sukarno Putri agar Kader PDI Perjuangan menggalakkan pertanian pangan pendamping beras maka hari ini kita mendorong petani di Samosir untuk lebih giat lagi dalam membudidayakan jagung,” ungkap Rapidin Simbolon Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut di sela kegiatan.

Selain itu kata Mantan Bupati Samosir periode 2016 - 2020 ini, aksi peduli Petani ini di lakukan mengingat akhir-akhir ini dirinya sering mendapatkan keluhan dari petani karena kelangkaan bibit jagung yang ada di pasaran begitu juga dengan pupuk di wilayah Kabupaten Samosir.

"Karena keluhan tersebut maka kita berinsiatif untuk melakukan aksi nyata dengan memberikan bantuan bibit dan Pupuk ini agar bisa dimanfaatkan petani. Saya juga menginstruksikan kepada seluruh kader partai, baik yang ada di struktur partai, maupun di lembaga legislatif dan eksekutif untuk melakukan segala daya upaya sesuai kewenangan yang dimilikinya untuk membela dan mengarahkan kebijakan yang pro petani, sesuai dgn semangat juang yang diwariskan Bung Karno dalam perjuangannya untuk membela kaum Marhaenis,” lanjut Rapidin.

Masih menurut Rapidin Simbolon, Kabupaten Samosir saat ini telah memasuki musim penghujan yang biasanya merupakan musim tanam bagi palawija termasuk jagung dan lainnya.

"Akibat kelangkaan bibit tersebut maka banyak petani yang belum melakukan tanam dan hari ini kita langsung turun Keladang untuk melihat kondisi lahan pertanian petani dan memang kita temui banyak lahan yang nganggur akibat kelangkaan bibit, dengan adanya bantuan ini kita berharap lahan-lahan tersebut bisa segera ditanam, dan kita juga terus mendorong petani untuk tetap semangat,” sebutnya lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
00:54
05:03
Viral