Penampakan Gajah Liar Memasuki Perkebunan Warga.
Sumber :
  • tim tvone/Muhammad Roni

Buat Cemas, 2 Ekor Gajah Liar Berkeliaran di Perkebunan Warga  Aceh Selatan

Kamis, 29 September 2022 - 08:38 WIB

Sumatera - Buat cemas warga, sebab 2 ekor gajah liar berkeliaran di perkebunan warga Kapai Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan. Satu dari 2 individu gajah liar itu diyakini berjenis kelamin jantan. Hal itu setelah petugas BKSDA yang bekerjasama dengan lembaga mitra, Wildlife Conservation Society berhasil mengabadikan keberadaan video gajah tersebut dengan telepon genggam.

Karena sering terjadi gajah liar masuk ke perkebunan warga. Para petugas pun tetap siaga dan sudah berada di wilayah tersebut selama 2 pekan. Hal ini dilakukan untuk penghalauan, agar para gajah kembali ke hutan.

"Agak terkendala kita melakukan pengusiran karena gajah nya tidak berkelompok, kedua individu gajah ini adalah gajah soliter yang baru bergabung, jadi sering berpindah-pindah tempat," kata Hadi Sofyan, Kepala Seksi Konservasi, SKW II BKSDA Aceh.

Menurut Hadi Sofyan, pihaknya masih akan menyiagakan para petugas yang bekerjasama dengan warga setempat untuk melakukan penghalauan.

"Upaya ini masih akan terus kita lakukan, targetnya sampai para gajah ini benar-benar kembali ke hutan", Tambah Hadi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan saat kekebun, dan melakukan koordinasi baik kepada pihak BKSDA mau pun kelompok swadaya masyarakat yang dibentuk untuk melakukan mitigasi konflik satwa di lokasi tersebut. 

"Masyarakat agar berhati-hati, dan kelompok yang sudah dibentuk bisa memberikan rasa aman kepada warga," tutup Hadi. (Mro/Aag)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
00:55
Viral