Musim durian di Sumsel memicu konflik antara warga dengan beruang madu.
Sumber :
  • BKSDA Sumsel

Musim Durian di Sumsel Picu “Konflik” antara Warga dengan Beruang Madu

Kamis, 29 September 2022 - 13:57 WIB

Sumatera Selatan – Musim durian di Kota Pagaralam dan sekitarnya memicu “konflik” antara warga dengan beruang madu (Helarctos malayanus).

Hal tersebut dilaporkan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel).

Kepala BKSDA Wilayah II Lahat Martialis Puspito mengatakan konflik tersebut telah berlangsung sekitar dua pekan terakhir di bulan September yang diketahui merupakan periode berlangsungnya panen durian di daerah setempat.

Selama periode itu, pihaknya banyak menerima pelaporan dari warga Kota Pagaralam dan sekitarnya yang sering mendapati jejak beruang madu berkeliaran di sekitar kebun mereka.

“Terbaru, bahkan sekitar dua hari yang lalu ada seekor beruang madu masuk ke rumah warga untuk mencari makan karena diketahui rumah itu juga menyimpan hasil panen durian,” ujar Martialis, Kamis (29/9/2022).

Martialis memaparkan konflik warga dengan beruang madu di dua daerah tersebut sangat mungkin terjadi karena sebagian besar masih terdapat kawasan hutan lindung yang menjadi habitatnya.

Terlepas dari situ, masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman penduduk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral