Kawasan Tanjung Uma Batam terendam banjir.
Sumber :
  • Tim TvOne/Alboin

2 Hari Dilanda Hujan, Puluhan Rumah di Kota Batam Terendam Air dan Lumpur

Jumat, 7 Oktober 2022 - 16:53 WIB

Batam - Sebanyak 35 rumah warga yang bermukim di RT 05, RW 06, Tanjunguma, Lubuk Baja terendam air dan lumpur, setelah hujan yang melanda Kota Batam sejak Kamis (6/10/2022) siang. Kini puluhan warga terdampak tersebut, terpaksa meninggalkan kediamannya dikarenakan debit air dan lumpur yang masuk ke rumah warga mencapai hampir satu meter.

"Air yang membawa material lumpur masuk sampai ke kamar. Ini lihat batas tinggi air sudah mencapai betis saya. Belum lagi rumah warga di belakang, kalau mau lihat lepas dulu sepatunya. Karena di sana sudah lumpur semua," terang Alan, salah satu warga yang ditemui, Jumat (7/10/2022) siang.

Sebagai warga terdampak, Alan menyebutkan bahwa peristiwa serupa sudah dialami warga sejak tahun 2019 lalu. Hal ini diduga karena dampak proyek pematangan lahan yang dilakukan oleh salah satu perusahaan pengembang di kawasan tersebut.

"Tepat di seberang RT kami ini, ada perusahaan pengembang yang akan bangun apartemen, lagi melakukan pematangan lahan. Namun jadinya aliran pembuangan air jadi terhambat. Belum lagi kawasan tempat tinggal kami jadi lebih rendah lagi," lanjutnya.

Alan menjelaskan selama ini kawasan RT 05 memang berada di kawasan yang lebih rendah dari jalan utama, namun banjir tidak pernah dialami oleh warga sebelumnya. ”Kondisi ini semakin parah di tahun 2021. Properti rumah, seperti kasur hingga peralatan elektronik terendam air," paparnya.

Dalam hal ini, Alan juga menegaskan bahwa pihak RT, RW, serta pihak kelurahan seolah tidak mau tahu. "Lepas tangan dan tak ada jalan keluar atau solusi dari pemerintah," tegasnya.

Begitu juga dengan pihak perusahaan yang juga terkesan tidak mempedulikan lingkungan dan masyarakat sekitar. "Mengadu ke RT, RW juga percuma, lurah pun begitu. Jadi kami sekarang berserah diri sama Yang di Atas saja," kata Alan. (ahs/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral