Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Anindya Bakrie Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis Ke-77 USU di Medan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Zulfahmi

Anindya Novyan Bakrie Beri Orasi Ilmiah Pada Dies Natalis Ke-70 USU

Kamis, 20 Oktober 2022 - 17:01 WIB

Medan, Sumatera Utara - Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Anindya Novyan Bakrie beri orasi ilmiah pada Dies Natalis Ke-70 Universitas Sumatera Utara, di Gedung Auditorium USU, Jalan Dokter Mansyur Medan, Sumatera Utara, Kamis (20/10/2022).

Pada kesempatan itu, di depan tamu undangan dari tokoh masyarakat, mahasiswa, alumni dan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, Anindya menyampaikan tentang kewirausahaan. Ia menegaskan ada beberapa hal yang harus diakselarasikan seperti mengembangkan 90 persen UMKM dan 70 persen kontribusi ekonomi kepada UMKM.

"Akselarasi pasar, askiling akses ke inovasi, mendapatkan regulator yang support dan akses berkelanjutan. Kelima ini akan bekerjasama antara UMKM, akademia, dan pemerintah," ucap Anindya.

Ia juga mengusulkan, USU menjadi pertama dalam mengembangkan kewirausahaan. "Sudah lama manufaktur Indonesia tertinggal dan ini kesempatan kita di tengah adanya kapeling. Indonesia bisa mengolah nikel dan dikirim ke barat dan ke timur, karena dari barat tidak mau kirim ke timur dan dari timur tidak mau kirim ke barat. Bisa dibayangkan manufaktur China bisa pindah ke indonesia," jelasnya.

"Kesempatan kita untuk lompat sangat mungkin, semua ada di Indonesia," tegasnya lagi.

Sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, ia juga memberi sejumlah ide. "Transformasi USU menuju Entrepreneurial Univercity, ini suatu terobosan. Selama ini USU dikenal dengan pengajaran dan penelitian, itu sangat baik dan harus dikerjakan. Dengan menjadi Enterpreneurial University, ke depan bisa mengembangkan lagi kewirausahaan. Pada saat ini penyumbang ekonomi terbesar di Sumatera adalah Sumut. Sumber daya alam di Sumut sangat melimpah. Sumut juga mempunyai wisata alam dan Danau Toba menjadi wisata dunia," tutup Anindya.

Pada acara Dies Natalis Ke-70 USU, yang mengangkat tema "Toward Entrepreneurial" acara berlangsung dengan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, pidato oleh Rektor USU langsung dan orasi ilmiah langsung dari Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Anindya Novyan Bakrie

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:35
03:20
01:47
02:02
00:54
07:24
Viral