Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Langsa Aceh, dr. Indri.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Ilham Zulfikar

RSUD Langsa Aceh Rawat Sebanyak 138 Pasien HIV AIDS

Jumat, 21 Oktober 2022 - 13:44 WIB

Langsa, Aceh Timur - Sebanyak 138 remaja hingga ibu-ibu terinfeksi virus Human Immunodeficiency Virus, Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa Aceh. Data kasus HIV-AIDS yang saat ini dalam penanganan rumah sakit tersebut berdasarkan data dari Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, RSUD Langsa, dr. Indri.

“Semuanya ada 138 pasien yang terinfeksi virus HIV-AIDS, dari remaja hingga ibu-ibu,” kata Indri, kepada tvonenews.com Jumat, (21/10/2022).
Mereka yang terinfeksi virus HIV-AIDS, lanjut Indri, berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Aceh Tamiang, Kota Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Utara yang ditangani di Rumah Sakit Umum Daerah Langsa.

Kemudian pasien yang besaral dari luar Provinsi Aceh, diantaranya asal Padang, Sumatera Barat, dan Batam, Kepulauan Riau. Sementara persentase warga Langsa yang ditangani tim medis berkisar 20 persen. “Ada anak usia 6 tahun, dan 12 tahun yang sedang ditangani,” ujar Indri.

Sambungnya, HIV dapat ditularkan melalui kontak cairan tubuh, seperti carian vagina atau sperma saat melakukan aktivitas seksual, dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Dikatakan Indri, sebanyak 138 pasien yang terinfeksi virus HIV-AIDS saat ini tengah dalam penanganan RSUD Langsa, terdiri dari 70 persen laki-laki dan 30 persen wanita. “Yang RSUD Langsa tangani semuanya 138 jiwa yang terinfeksi HIV-AIDS, sebagian ada yang melakukan screening di Puskesmas terdekat,” pungkas Indri. (izr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
00:54
Viral