Petugas gabungan sita hampir satu ton obat cair dari apotek di Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.
Sumber :
  • Tim tvOne/ Chaidir Azhar

Satu Balita di Aceh Barat Mengalami Gagal Ginjal Akut, Petugas Gabungan Sita Ratusan Botol Obat Cair dari Apotek

Minggu, 23 Oktober 2022 - 12:14 WIB

Aceh Barat, Aceh - Satu balita di Aceh Barat diduga mengalami gagal ginjal akut, petugas gabungan langsung melakukan razia tergadap obat cair di seluruh apotek. Obat obat cair untuk balita langsung diamankan petugas gabungan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, dan Polres Aceh Barat.

"Untuk saat ini, ada satu balita yang kita duga mengalami gagal ginjal akut, sedang mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit Zainal Abibin," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifa kepada tvonenews.com, Minggu (23/10/2022).
Kepala Dinas Kesehatan juga menambahkan, untuk mencegah bertambahnya balita yang mengalami gagal ginjal akut, pihak terkait bersama petugas gabungan menggelar razia obat cair agar tidak dijual di apotek. "Semua jenis obat cair untuk balita diamankan dari apotek, agar tidak dijual sementara waktu, obat yang kita amankan langsung disegel oleh pihak polisi dan disimpan di gudang apotek untuk sementara waktu," sebut Syarifah.

Sementara itu, AKP Rizki Andrian, Kasat Reskrim Polres Aceh Barat menambahkan razia obar cair di seluruh apotek sesuai dengan surat edaran menteri. "Sesuai surat edaran Mentri Kesehatan, maka seluruh obat cair untuk balita kita razia agar tidak diperjual belikan, sampai ada surat edaran selanjutnya," ucap AKP Rizki.

Rizki juga menjelaskan, untuk sementara obat yang ditemukan masih dijual akan disegel dan disimpan di gudang apotek.

"Sementara kita segel dan disimpan di gudang apotek, namun jika nanti masih diperjual belikan, maka petugas akan mengambil langkah tegas berupa penyitaan hingga mencabut izin apotek," tegas Rizki.

Selain itu petugas gabungan juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk sementara tidak membeli obat tanpa ada resep dokter, sehingga tidak ada balita di kawasan setempat mengalami gagal ginjal akut. (kha/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:56
09:42
15:09
07:45
14:04
Viral