Karantina Karimun Musnahkan Tumbuhan dan Hewan, Asal Malaysia dan Singapura.
Sumber :
  • Tim Tvone/Jupri

Karantina Karimun Musnahkan Tumbuhan dan Hewan, Asal Malaysia dan Singapura

Rabu, 26 Oktober 2022 - 13:25 WIB

Karimun, Kepri - Karantina kelas IIB Tanjung balai Karimun memusnahan Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK), pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar disuhu 1000 celcius Rabu (26/10/2022).

Barang-barang dimusnahkan terdiri dari 127,7 kg daging dan beberapa komonitas sayur, buah- buahan serata beberapa tanaman dari Singapura yang merupakan Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK)  merupakan hasil penindakan  barang bawaan penumpang di terminal ferry domestik Tanjung Balai Karimun.

Kepala Stasiun Kariana Kelas II Karimun Nuraini Siregar, mengatakan pemusnahan barang HPHK dan OPTK merupakan hasil penindakan sejak 3 bulan terakhir.

Barang yang dimusnahkan burupa komoditas daging, sayuran dan buah- buahan, yang disita dari pintu masuk ke Karimun melalui pelabuhan.

Nuraini menjelaskan pemusnahan ini merupakan barang yang tidak mempunyai izin dari daerah asal seperti Malaysia dan Singapura, komoditas pembawa HPHK dan OPTK.

Pemusnahan Media Pembawa Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK), dilakukan dengan cara dibakar menggunakan incinerator dengan suhu mencapai 500 derajat.(AJI/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral