Petani karet di Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI mengumpulkan hasil sadapan untuk dijual.
Sumber :
  • Tim tvOne/Abdus Salam

Petani Menjerit, 2 Kilogram Karet Dihargai Hanya 1 Liter BBM

Rabu, 9 November 2022 - 11:35 WIB

Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan - Murahnya harga karet mentah yang diterima petani, membuat petani karet menjerit. Pasalnya, satu kilogram karet hanya dihargai dua liter BBM saja.

Harga karet mingguan saat ini hanya dihargai Rp5 ribu per kilogram (/Kg), angka ini menurun setiap pekanya. Padahal sebelumnya, harga karet Rp6.800 per kg.

"Harga karet semakin turun. Dua kg karet dihargai dengan satu liter BBM. Belum lagi untuk kebutuhan beli beras serta kebutuhan pokok lainnya," ungkap Suarno, Rabu (09/11/2022).

Menurut dia, harga ini jauh menurun drastis dari hari ke hari, karena sebelumnya pada pekan kemarin masih di angka Rp6 ribu.

Selain harga yang merosok tanjam, kendala lain yang kini dihadapi petani karet adalah musim hujan, yang menyebabkan kendala pada produksi karet.

" Tenaga terkuras hasil pun tak ada. Kadang kita sudah selesai menyadap karet langsung turun hujan. Jadi, seakan sia-sia," bebernya.

Dirinya berharap ada solusi lain dari pemerintah terkait naiknya harga karet. Sehingga sedikit bisa meringankan beban hidup para petani. (asm/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral