Ratusan dus berisi barang ilegal diamankan petugas Bea Cukai Langsa.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Ilham Zulfikar

Bea Cukai Langsa Amankan Ratusan Dus Berisi Satwa Liar Dilindungi dan Kosmetik Tak Bertuan

Jumat, 18 November 2022 - 23:49 WIB

Langsa, Aceh Timur - Bea Cukai Langsa, Aceh berhasil melakukan penindakan terhadap upaya penyelundupan ratusan dus berisi barang ilegal yang terdiri dari puluhan kosmetik, satwa liar dilindungi, dan tanaman hias. Upaya penggagalan penyeludupan ratusan dus ilegal itu dilakukan di perairan laut Kabupaten Aceh Tamiang. Sementara itu, pelaku berhasil melarikan diri.

Kepala Kantor Bea Cukai Kuala Langsa, Sulaiman mengatakan, penangkapan itu dilakukan saat operasi bersama tim gabungan, yang terdiri dari Bea Cukai Langsa, Polres Aceh Tamiang, Polres Langsa, dan Satgas Badan Inteligen Strategis Aceh Tamiang.
“Seperti biasanya, upaya penangkapan itu berawal diperoleh informasi dari masyarakat bahwa akan ada impor barang ilegal,” kata Sulaiman kepada tvonenews.com, Jumat (18/11/2022). 

Sulaiman menerangkan, impor ilegal itu menggunakan high speed craft (HSC) ke wilayah Air Asin, Kabupaten Aceh Tamiang. Kemudian tim melakukan analisis dan berkoordinasi dengan Polres Aceh Tamiang dan BAIS.

Selanjutnya tim berhasil melakukan penggerebekan pada 17 November 2022 sekira pukul 01.45 WIB. Petugas menemukan 1 unit kapal jenis HSC tanpa nama berbendera Thailand yang mengangkut ratusan dus yang berisikan barang ilegal, terdiri dari puluhan kosmetik, satwa liar dilindungi, dan tanaman hias.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas mendapati sebanyak 53 karung tokek yang sudah dikeringkan, 2 koli tanaman hias, 6 karton produk kosmetik berbagai jenis dan merek, dan 1 ball berisi pakaian. Sementara di atas truk kedapatan 108 karung tokek yang sudah dikeringkan, 20 ekor kambing, 1 koli berisi kura-kura, ular, kadal dan katak dengan total nilai barang adalah Rp4 milliar.

“Pelaku diperkirakan 10 sampai 15 orang, mereka berhasil kabur lantaran lokasi penangkapan di jalur yang kecil, bekas urukan pantai,” terang Sulaiman. (izr/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral