Pulo Brayan, Kota Medan lumpuh terendam banjir..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

Sungai Deli Meluap, Aktivitas Brayan Kota Lumpuh

Sabtu, 19 November 2022 - 17:15 WIB

Medan, Sumatera Utara - Diguyur hujan semalaman hingga pagi, Kelurahan Brayan Kota lumpuh akibat terendam banjir setinggi paha orang dewasa. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Deli yang tidak mampu menampung banyaknya debit air yang tinggi, akibatnya ribuan rumah penduduk dan perekonomian di Kelurahan Brayan Kota, Jalan Yosudarso Medan, Sumatera Utara, Sabtu (19/11/2022) terendam banjir.

"Hujan dari tadi malam, sampai subuh tadi gak berhenti, mulai subuh inilah banjir dikarenakan air Sungai Deli yang meluap. Banjir menutup badan jalan menuju arah Belawan. Banyak yang putar balik dan kendaraan yang mogok," ungkap warga bernama Hendrik.
Meluapnya air Sungai Deli yang tak mampu menampung debit air yang tinggi akibat hujan deras, kini mulai berangsur surut.
"Ketinggian air sepaha orang dewasa tadi pagi. Air sekarang berangsur surut, siang ini ketinggian air 30 sentimeter," jelasnya.

Kesaksian warga melihat air naik dan merendam pemukiman Brayan Kota terpantau mulai sejak pagi dini hari. "Sejak jam 2 pagi tadi, air Sungai Deli mulai meluap membanjiri seluruh jalan. Sekarang gak bisa kendaraan melintas dan para pedagang juga gak bisa jualan," tutur pedagang, Aan.

Sementara itu, BPBD Kota Medan mencatat ada sembilan kecamatan terdampak banjir di Kota Medan yang disebabkan hujan intensitas tinggi dan hujan di daerah pegunungan. Berikut data terdampak banjir di wilayah Kota Medan.

16 Kelurahan:
1. Cinta Damai
2. Sei Sikabing C II
3. Tanjung Gusta
4. Beringin
5. Aur
6. Sei Mati
7. Hamdan
8. Pangkalan Mansyur
9. Gedung Johor
10. Kwala bekala
11. Sunggal
12. Tanjung Rejo
13. Suka Damai
14. Petisah Tengah
15. Sei Putih Barat
16. Kwala Babura Batua

9 Kecamatan:
1. Medan Helvetia
2. Medan Selayang
3. Medan Maimun
4. Medan Johor
5. Medan Sunggal
6. Medan Polonia
7. Medan Petisah
8. Medan Baru
9. Medan Barat. (zul/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral