Walikota Pematangsiantar terima piagam dari rekor muri, dan suasana lokasi kegiatan gebyar UMKM..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Daud

Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022, Pecahkan Rekor MURI Berbalas Pantun Berbahasa Simalungun

Kamis, 24 November 2022 - 17:20 WIB

Pematang Siantar, Sumatera Utara - Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan bekerja sama dengan Dekranasda menggelar acara bertajuk Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 selama tiga hari, 24-26 November 2022.

Pembukaan Gebyar UMKM yang berlangsung di Lapangan H Adam Malik Pematang Siantar, Kamis (24/11/2022) dirangkai dengan penampilan Marumpasa (berbalas pantun) menggunakan bahasa Simalungun. Acara diikuti oleh 1.848 siswa SMP dan SMA se-Kota Pematang Siantar, yang berhasil meraih Rekor MURI.
"Penampilan Marumpasa Simalungun ini sebenarnya tidak layak memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Indonesia atau MURI. Karena lebih layak untuk menjadi rekor dunia," kata perwakilan MURI dari Jakarta Lutvi Syah Pradana, yang disambut tepuk tangan meriah dari seluruh peserta.

Wali Kota Pematang Siantar, dr. Susanti Dewayani SpA., menyampaikan Gebyar UMKM Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, khususnya di Kota Pematang Siantar.

Terkait pemecahan rekor MURI Marumpasa Simalungun, ia berharap bukan sekadar seremonial. Namun lebih bermakna untuk menggelorakan dan meyakinkan masyarakat Kota Pematang Siantar agar mencintai produk-produk dalam negeri.  Dalam konteks ini, produk unggulan UMKM dan UMKM Kota Pematang Siantar," kata Susanti.

Lebih lanjut dikatakan Susanti, penciptaan dan pengembangan kegiatan ekonomi telah menjadi salah satu fokus perhatian bersama. Upaya tersebut diperlukan mengingat dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan ekonomi nasional cenderung melambat

Upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru, katanya, dapat dilakukan antara lain melalui pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif. "Kami ingin menggarisbawahi dua kalimat kunci, yaitu pengembangan UMKM dan IKM serta ekonomi kreatif," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada perusahaan serta pelaku UMKM dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar. Karena pada 15 November 2022 lalu Pemko Pematang Siantar menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral