Plt Bupati Langkat saat mengunjungi usaha olahan Kayu Gaharu..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Taufik

Tanaman Gaharu Akan Dijadikan Ikon Baru di Langkat

Kamis, 24 November 2022 - 17:51 WIB

Langkat, Sumatera Utara - Pada tahun 2023 mendatang pemerintah Kabupaten Langkat akan mulai membesarkan tanaman gaharu di 240 desa yang ada di Kabupaten Langkat. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Langkat, Syah Afandin saat mengunjungi pengusaha pengelola hasil kayu gaharu di Jalan Pinang II Dusun Rejo Sari, Desa Kwala Begumit, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat.

Plt Bupati Langkat mengatakan, mendukung usaha yang dikelola CV Cahaya Gaharu Langkat tersebut dan berharap usaha yang berbahan dasar kayu gaharu ini menjadi UMKM yang membuka lapangan kerja bagi masyarakat dan menjadi salah satu penghasil olahan gaharu terbesar di Indonesia. 

"Dimulai tahun 2023 mendatang, gaharu Langkat harus bisa menjadi besar. Saya akan mengajak 240 desa yang ada di Langkat, untuk bersama menanam pohon gaharu dan menjadikan penghasilan untuk desa," ucap Plt Bupati Langkat, Syah Afandin. 

Syah Afandin juga berharap pada ulang tahun Kabupaten Langkat mendatang tanaman gaharu ini bisa diperkenalkan kepada masyarakat. 

"Saya berharap nantinya, gaharu diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Langkat. Salah satu caranya, CV Cahaya Gaharu Langkat membuat stand pada HUT ke-273 Langkat di tahun 2023 mendatang," harap Plt Bupati Langkat. 

Sementara itu, Kordinator CV Cahaya Gaharu Langkat, Solihin menyampaikan, pihaknya telah mengelola kayu gaharu selama 10 tahun, berawal dari tahun 2012 yang lalu. 

Dari hasil pengelolaan kayu gaharu, pihaknya telah menghasilkan delapan produk diantaranya teh gaharu, air destilasi gaharu, bakhoor gaharu, sabun gaharu eksklusif, sabun mandi gaharu, kopi gaharu, rebusan herbal gaharu (sedang uji lab) dan kapsul kulit buah gaharu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral