Abrasi Air laut mengakibatkan Puluhan Kedai di tempat wisata porak-poranda.
Sumber :
  • Tim TvOne/Ilham Zulfikar

Akibat Diterjang Ombak Besar, Puluhan Kedai di Tempat Wisata Pantai Aceh Timur Porak Poranda

Senin, 28 November 2022 - 17:07 WIB

Aceh Timur - Akibat diterjang ombak, puluhan kedai tempat wisata Pantai Pelangi yang terletak di Desa Matang Rayeuk Peudawa Puntong, Kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur, kondisinya porak poranda.
 
Hal itu terjadi karena derasnya pasang surut air laut serta besarnya ombak yang menghantam bibir pantai, sehingga membuat kikisan bibir pantai terjadi abrasi.

Menurut informasi, peristiwa tersebut sudah terjadi sejak awal tahun 2022, namun yang sangat prihatin terjadi pada hari ini, di mana puluhan kedai hancur dihantam ombak air laut tersebut.
 
Berdasarkan keterangan pemilik tempat usaha tersebut, Mansur, menjelaskan, kejadian itu bukanlah yang pertama kali terjadi, namun kali ini merupakan kejadian yang sangat miris di mana dampak dari kejadian tersebut tempat usaha mereka hancur.
 
“Peristiwa abrasi terjadi dengan secara berangsur-angsur pertama masih tergolong biasa kedua sudah mulai mendekati kios dan hari ketiga air laut menghantam seluruh fasilitas tempat usaha kami hingga rusak,” jelas mansyur kepada tvonenews.com Senin, (28/11/2022).
 
Iya juga menambahkan, kejadian ini pula bukanlah yang perdana, tahun sebelumnya sudah pernah terjadi namun pasang laut tidak terlalu parah.
 
“Kita berharap kepada Pemerintah Aceh Timur agar mendapatkan perhatian baik dari segi bantuan perbaikan fasilitas tempat wisata serta perbaikan tempat dagang para UMKM di area tempat wisata tersebut,” tutup Mansyur.

Peristiwa tersebut mengakibatkan kerugian pedagang hingga 100 juta rupiah.(Izr/Nof)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral