Bangunan Masjid Tertua yang berada di pinggir Sungai Batanghari..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Tarmizi

Masjid Tertua di Kabupaten Tebo Jambi Terancam Terjun ke Sungai

Rabu, 7 Desember 2022 - 16:45 WIB

Tebo, Jambi - Sebuah bangunan masjid tertua di Kabupaten Tebo yang berada di Desa Mangun Jayo, Jambi terancam terjun ke sungai. Mirisnya lagi, turap penahan bangunan masjid tersebut saat ini sudah mulai amblas akibat diguyur hujan lebat tadi malam.

Masjid Nurul Jalal yang diperkirakan dibangun pada tahun 1916 tersebut saat ini kondisinya sangat memprihatinkan, warga sekitar khawatir saat melaksanakan ibadah sholat, masjid tersebut terjun ke sungai.
Menurut warga sekitar, amblasnya turap penahan bangunan masjid itu diduga akibat diguyur hujan lebat. Warga juga menduga bahwa timbunan tanah pada bangunan turap tidak padat sehingga terjadinya amblas.    
 
"Lihatlah kondisinya sekarang, bangunan proyek ini lain dari yang lain. Bukannya kita mencaci ya, kami minta bangunan turap ini supaya masjid jangan runtuh," kata warga sekitar M Daut, pada Rabu (7/12/2022). 
 
Menurutnya, selain tempat menunaikan ibadah sholat, Masjid ini sering dijadikan ibu ibu tempat pengajian dan menimba ilmu. Apalagi pada saat bulan suci Ramadhan, masjid ini selalu ramai.
 
"Kami khawatir saat melakukan ibadah dan pengajian masjid ini roboh. Saat ini bangunan masjid sudah mulai retak," jelasnya.
 
Warga meminta agar turap penahan masjid ini kembali diperbaiki dan tidak terjun ke sungai. Karena masjid tertua dan penuh sejarah ini merupakan cagar budaya atau warisan dari nenek moyang yang harus dijaga. (TAR/LNO)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral