PT Pelindo Multi Terminal tanam mangrove di Pesisir Pantai Belawan..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Martinus

Antisipasi Banjir Rob dan Abrasi Lingkungan, Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai

Jumat, 9 Desember 2022 - 18:32 WIB

Medan, Sumatera Utara - Antisipasi banjir rob dan untuk menjaga lingkungan asri di pesisir pantai Belawan, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) gelar program peduli lingkungan dengan penanaman mangrove dan literasi yang menyentuh langsung masyarakat di kawasan pesisir.

Salah satunya melalui kegiatan penanaman mangrove, sebagai salah satu ekosistem yang memberikan banyak manfaat bagi keseimbangan lingkungan, pencegah abrasi dan erosi, juga memperbaiki kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

Dalam mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan ini, Pelindo Multi Terminal hadir dengan melakukan rangkaian program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), antara lain penanaman 1.000 bibit mangrove dan pelepasan 2.000 bibit ikan yang dilaksanakan pada Jumat (9/12/2022), di area budidaya hutan mangrove di Sicanang, Medan Belawan.
  
“Kita harapkan dengan penanaman mangrove ini dapat memperkuat pesisir dan mengurangi abrasi pantai, dan berdampak multiguna bagi perekonomian masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini kita juga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dan pantai bagi kelestarian lingkungan kita,” kata Direktur Utama Pelindo Multi Terminal, Drajat Sulistyo.
 
Sementara itu, Camat Medan Belawan Subhan Fajri Harahap mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan penanaman mangrove yang dilaksanakan oleh Pelindo Multi Terminal.
 
“Hutan mangrove sangat berfungsi sebagai pagar terdepan menjaga garis pantai, kemudian juga berguna sebagai tempat berkembang biak biota laut, hingga menyediakan ekosistem alami serta memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.
 
VP Corcomm SPMT, Farid Chairmawan menambahkan bahwa Perusahaan melalui program TJSL saat ini berkomitmen untuk fokus dan prioritas pada 3 hal, yaitu lingkungan, pendidikan dan pengembangan UMKM.
 
“Penanaman Mangrove ini adalah wujud kepedulian terhadap salah satu fokus TJSL perusahaan tersebut, yang diharapkan dapat memberi manfaat pada aspek lingkungan masyarakat pesisir,” katanya. (mss/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
Viral