Sampah kota diolah menjadi bahan bakar PLTU..
Sumber :
  • Tim TvOne/ Fahmi

Sampah Jadi Bahan Bakar, PLTU, PLN dan Pemko Medan Bangun Pabrik Biomassa

Kamis, 29 Desember 2022 - 13:00 WIB

Medan, Sumatera Utara - PT PLN bersama Pemerintah Kota Medan, membangun pabrik pengelolaan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) Plant di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun, Medan. Kehadiran BBJP Plant ini diharapkan menjadi alternatif solusi permasalahan sampah di Kota Medan.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarifuddin Irsan, menjelaskan, kolaborasi antara Pemkot Medan dengan PLN mampu jadi salah satu solusi permasalahan sampah di Kota Medan.

"BBJP Plant ke depannya akan mampu jadi solusi limbah sampah jadi bahan yang bermanfaat bagi alam dan lingkungan. BBJP ini bersifat mendaur ulang limbah sampah diubah jadi bahan bakar pengganti bahan fosil maka harapan semakin terbuka untuk  menyelamatkan bumi dari penggunaan bahan bakar fosil," kata Syarifuddin, Kamis (29/12/2022).

Pabrik BBJP ini akan menyerap 5 ton sampah segar dari TPA Terjun setiap harinya, untuk diolah menjadi bahan bakar pengganti batu bara di pembangkit listrik tenaga uap dan sampah yang bisa diolah untuk jadi BBJP, yakni sampah yang berasal dari tanaman, sampah dapur organik dan sampah plastik.

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan Sumatera Bagian Utara, Purnomo, mengatakan, BBJP Plant di TPA Terjun ini merupakan bentuk kepedulian PLN mengatasi permasalahan sampah, program tanggung jawab sosial dan lingkungan. PLN juga untuk mendorong penggunaan energi baru terbarukan yang merupakan program pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Maka PLN menginisiasi dan melakukan perjanjian kerja sama dengan Pemerintahan Kota Medan dalam pemanfaatan sampah perkotaan menjadi bahan bakar jumputan padat untuk pembangkit PLN, khususnya PLTU Pangkalan Susu, Sumatera Utara," ujar Purnomo.

Purnomo berharap BBJP Plant di TPA Terjun ini terus berkembang dengan adanya penambahan mesin dan perluasan area. Karena, setelah selesai pilot project PLN ini, pengelolaan BBJP Plant TPA Terjun ini akan diserahkan ke Pemkot Medan agar bisa dikomersialisasi dan menambah pendapatan anggaran daerah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral