Pekerjaan proyek pembangunan pendukung di lokasi objek wisata Pante Goyang kabupaten Aceh Tenggara.
Sumber :
  • Tim TvOne/ Lantra

Pekerjaan Wisata Pante Goyang Senilai Rp1,5 Miliar Mati Kontrak, Masih Dikerjakan

Selasa, 17 Januari 2023 - 12:39 WIB

Aceh Tenggara - Sejumlah kejanggalan di temukan pada pekerjaan proyek pendukung objek wisata Pante Goyang di Desa Mamas Kecamatan Darul Hasanah tahun 2022, proyek ini yang habis masa kontraknya ternyata masi terus di kerjakan yang bersumber dari dana DOKA – APBK Kabupaten Aceh Tenggara.
 
Pasalnya, kendati telah berjalan Tahun 2023, pihak rekanan masih mengerjakan proyek pembangunan fasilitas pendukung Objek Wisata Pante Goyang senilai Rp1,5 miliar, padahal limit waktu penyelesaian pekerjaan proyek di akhir Tahun 2022 telah berakhir.
 
Riko Hermanda, salah seorang warga mengaku, heran dan bingung melihat ada Proyek Tahun 2022 yang masih dikerjakan pada tahun 2023 oleh pihak rekanan, karena limit waktu penyelesaian pekerjaan telah berakhir dan harus dihentikan, karena jika dipaksakan, akibatnya rekanan bekerja seperti diburu waktu, sebab itu jika tak diawasi pihak PPTK, warga meragukan kualitas pekerjaan rekanan karena kesannya bisa asal siap dan tanpa memperhatikan kualitas pekerjaan.
 
Sesuai dengan Permen PUPR Nomor 7 Tahun 2019 Lampiran LKPP 9/2018 menyebutkan kesempatan perpanjangan penyelesaian pengerjaan proyek yang mengalami keterlambatan sampai dengan 50 hari.
 
"Saya menilai setelah mati kontrak sejak tanggal 21 Desember 2022, hingga tanggal 17 Januari 2023 sudah berjalan 27 hari dari masa perpanjang, namun belum ada progres kesiapan pekerjaan tersebut," ucap Riko.
 
Riko juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah harus kaji ulang sistem pembayarannya, dan inspektorat harus audit kegiatan tersebut karna saya nilai dengan anggaran yang fantastis tersebut banyak kegiatan yang tidak sesuai dengan spek.
 
Sementara itu pada saat di konfirmasi, tanggapan singkat oleh pihak kontraktor CV. Sabil Pratama, pada (17/01/2023) membenarkan keterlambatan pekerjaan tersebut, “Kalau butuh informasi langsung tanyakan ke PPK atau Dinas," ucap kontraktor CV Sabil Pratama.
 
Indra Wahyudi, selaku PPK Proyek Pembangunan Pendukung Objek Wisata Pante Goyang kepada tvonenews com, Selasa (17/01/2023) membenarkan keterlambatan penyelesaian proyek objek wisata tersebut dan rekanan masih menyelesaikan beberapa item pekerjaan yang tak bisa diselesaikan pada 21 Desember 2022 lalu.
 
“Janji rekanan, pertengahan bulan Januari ini selesai, kita opnamekan dulu volume pekerjaan ini kalau sudah 100 persen, setelah itu baru kita PHO kan, jika belum selesai dan belum sempurna atau yang masih kurang, kita suruh diperbaiki pihak rekanan, namun denda 1/1.000 dari nilai pekerjaan yang belum selesai sesuai tanggal kontrak, tetap kita berlakukan,” ujar Indra.
 
Ada pun item pekerjaan proyek pembangunan pendukung Objek Wisata Pante Goyang tersebut yakni, pembuatan kolam pagar, ruang ganti, gedung tiketing, intake air, bak penampung, perpipaan air, wahana, aksesoris dan paving block, sedangkan total dana proyek yang dipercayakan pada CV Sabil Pratama senilai Rp1.537.000.000.(LAN/LNO)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral