Warga Binaan Rutan Labuhandeli Produksi Sapu Lidi diekspor ke Dubai.
Sumber :
  • Tvone/Martinus

Warga Binaan Rutan Labuhandeli Produksi Sapu Lidi diekspor ke Dubai

Selasa, 17 Januari 2023 - 20:25 WIB

Medan - Dalam menciptakan warga binaan yang memilki keterampilan untuk ke depannya, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas 1 Labunandeli Jalan. Titi Pahlawan Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan, terus memberdayakan warga binaannya guna menciptakan lapangan pekerjaan.

Salah satu hasil kerja para warga binaan yakni usaha kerajinan tangan. Hasil kerajinan tangan berupa sapu lidi akan diekspor ke Dubai, salah satu negara Uni Emirat Arab.

Seratusan warga binaan yang notabene terlibat kasus narkoba dan pencurian, Selasa (17/1/2023) di aula Rutan Kelas 1 itu terlihat sedang mengolah limbah daun Pohon Nipah menjadi sapu lidi berkualitas ekspor.

Hampir lima ton bahan baku yang didapatkan dari salah satu perusahaan yang memproduksi sapu lidi mempercayai para warga binaan sebagai pekerja,untuk merakit sapu lidi yang akan di ekspor ke negara Dubai.

Salah seorang warga binaan mengaku senang bisa mengerjakan pembuatan sapu lidi berkualitas ekspor sekaligus mengisi kegiatan yang bermanfaat.

“Selain ada hasil kerjanya, saya bisa memiliki keterampilan dan semoga setelah keluar dari Rutan ini bisa membuka usaha kerajinan seperti ini,” ujar Karmin.

Menurut, Kepala Rutan Kelas 1 Labuhandeli Erwin Fransiskus Simangunsong menyebutkan, meski pembuatan sapu lidi secara manual namun terlihat secara terampil dan teliti saat mengerjakannya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral