Ketua Koordinator Aliansi Peduli Pungli Sepakat Segenep (Aliansi PPSS) Aceh Tenggara, Adrian Pelis.
Sumber :
  • Tvone/Lantra

Dugaan Pungli Rekrutmen PPK dan PPS di Aceh Tenggara Mencapai Rp 5 Miliar

Rabu, 25 Januari 2023 - 17:17 WIB

Aceh Tenggara - Dugaan pungutan liar (pungli) oleh Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), atas rekrutmen PPK dan PPS untuk Pemilu 2024 mencapai Rp5 miliar.

Ketua Koordinator Aliansi Peduli Pungli Sepakat Segenep (Aliansi PPSS) Aceh Tenggara, Adrian Pelis, menyampaikan dugaan itu kepada tvonenews com, Rabu (25/01/2023) di Universitas Gunung Leuser (UGL) Aceh.

Ia mengungkapkan, sesuai informasi yang pihaknya peroleh di tengah-tengah masyarakat maupun media sosial, untuk menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dibandrol Rp20-Rp30 juta dan untuk menjadi Panitia Pemungutan Suara (PPS) Rp3-Rp5 juta.

Sementara itu, untuk kebutuhan PPK di 16 kecamatan yang ada di Aceh Tenggara sebanyak 80 orang yang diantaranya 5 orang tiap kecamatan. Kemudian, kebutuhan PPS di tiap desa 3 orang, jika dikalikan dari 385 desa yang ada yaitu sebanyak 1.155 orang.

"Kita berharap penegak hukum bisa menelusuri informasi ini. Sebab, dugaan pungli yang begitu fantastis hingga mencapai Rp5 miliar," ucap Adrian.

Ditambahkannya, aparat penegak hukum sudah seharusnya menggunakan wewenangnya untuk melakukan proses penyelidikan dan penyidikan serta penindakan atas informasi yang telah beredar luas di tengah-tengah masyarakat Aceh Tenggara tersebut.

“Apabila APH tetap diam atas persoalan ini, patut kita menduga telah ada main mata antara APH dan komisioner KIP terkait rekrutmen PPK dan PPS di Agara,” tegas Adrian.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral