BPBD Aceh Barat Gelar Simulasi Bencana Pada Anak Usia Dini.
Sumber :
  • Tim TvOne/Chaidir Azhar

BPBD Aceh Barat Gelar Simulasi Bencana Pada Anak Usia Dini

Jumat, 27 Januari 2023 - 13:40 WIB

Aceh Barat, Aceh - Untuk menanamkan kesiapsiagaan bencana alam sejak dini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat, menggelar kegiatan simulasi penanggulangan bencana kepada anak–anak di halaman BPBD setempat.

Plt. Kalak BPBD Aceh Barat, Jamal Mirda, mengatakan pendidikan siaga kebencanaan ini dilaksanakan setiap hari di halaman BPBD Aceh Barat dan bekerjasama dengan sekolah, mulai dari tingkatan Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Taman Kanak-kanak (TK).

“Kita tidak tahu kapan bencana alam datang, tapi di saat ada bagaimana secepat mungkin bisa meminimalkan terjadinya korban, jadi mulai dari anak usia dini harus kita didik kesadaran siap menghadapi bencana,” kata Jamal Mirda, Jumat (27/1/2023).

Jamal menambahkan, selama proses belajar para siswa akan diberikan informasi terkait kebencanaan dan bagaimana menghindari agar tidak memakan korban, kemudian dilanjutkan dengan praktik serta pengenalan alat-alat yang ada di BPBD Aceh Barat.

“Untuk hari ini yang datang belajar kebencanaan ke BPBD Aceh Barat itu dari TK Jaisy Khairul Umah, kami pun membuka bagi sekolah yang anaknya mau belajar kami ada dan siap membantu,” katanya.

Menurutnya, Informasi kebencanaan adalah hal yang penting, guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, keberadaan anak usia dini juga amat penting dan strategis sebagai investasi masa depan, cikal bakal generasi bangsa mendatang yang mesti tanggap dalam berbagai situasi dan keadaan.

“Bencana inikan banyak jenisnya, jadi kita kenalkan dulu karena ini audiensinya anak-anak sesuailah dengan mereka, belajar sambil bermain kita sampaikan bahwa kita ada peralatan ini, apa kita bawa road show jalan-jalan dengan mobil pemadam dan juga fungsi-fungsi ringan lah dari pemadam,” jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
14:24
11:39
08:19
02:20
02:22
Viral