Pipa milik PT Pertamina Hulu Rokan Adera Field di depan rumah warga.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Boris Simbolon

Warga Kampai Kabupaten Pali Keluhkan Keberadaan Pipa PT Pertamina Hulu Rokan Adera Field

Sabtu, 28 Januari 2023 - 16:04 WIB

Pali, Sumatera Selatan - Warga Dusun IV (Kampai), Desa Benuang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Pali, Sumatera Selatan, mengeluhkan keberadaan jalur pipa PT Pertamina Hulu Rokan Adera Field, yang saat ini dinilai mengganggu aktivitas dan mengancam keselamatan warga. Hal itu terjadi karena posisi pipa terletak di permukaan tanah, bukan ditanam ke dalam tanah.

"Belum sampai satu tahun ini pernah terjadi kebocoran pipa di depan rumah mantan kadus, dan juga pernah ada satu unit sepeda motor terbakar. Sudah ada satu tahun kami dijanjikan oleh humas perusahaan untuk menutup pipa ke dalam tanah, namun hingga saat ini belum terlaksana,” ujar Burlian, salah satu warga Dusun Kampai. 

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Pali, Irwan ST, menjelaskan pihaknya sering mendapatkan laporan dari warga, dan sudah melihat langsung ke lokasi. Menurutnya, pipa minyak dan gas itu harus ditanam ke dalam tanah, agar terhindar dari bahaya yang diakibatkan oleh pipa itu sendiri.

"Ini selalu menjadi persoalan yang tidak pernah kita inginkan, karena kan jelas ada aturan, pipa itu harus ditanam beberapa meter sehingga tidak terjadi insiden. Apalagi yang kami dengar pipa itu korosi, jadi kami minta kepada perusahaan terkait yang di sana segera ini diperbaiki, sebelum terjadi hal- hal yang tidak diinginkan,” tegas Irwan. (bls/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral