Atraksi barongsai kostum singa.
Sumber :
  • Tim TvOne/Istimewa

6 Negara Bakal Ikuti Kejuaraan Barongsai Internasional 2023 di Sumut

Jumat, 3 Februari 2023 - 15:18 WIB

Medan, Sumatera Utara - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi perhelatan Kejuaraan Barongsai Internasional yang akan dilaksanakan di Sumut, Maret 2023 mendatang. 

Mantan Ketua PSSI ini juga mengatakan, Kejuaraan Barongsai merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan atlet-atlet barongsai Sumut untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 nanti.

Diketahui, negara tetangga Indonesia seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Singapura dan lainnya, dipastikan akan mengikuti kejuaraan barongsai kali ini. “Pemerintah provinsi sudah tentu mendukung, tetapi sebagai tuan rumah kita harus siap, harus berprestasi pada ajang yang kita buat sendiri,” kata Edy didampingi Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian, saat menerima audiensi dengan pengurus Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Sumut.
 
Edy berharap, melalui kejuaraan bergengsi tersebut, kemampuan atlet barongsai Sumut meningkat signifikan dan bisa memberikan yang terbaik untuk PON 2024. “Melalui kejuaraan ini, melawan atlet luar negeri harus bisa mendapat prestasi yang membanggakan di PON 2024,” ucap Edy Rahmayadi. 

Sementara itu, Ketua FOBI Sumut, Efendi Hansen menjelaskan, ada lima negara yang akan berpartisipasi pada kejuaraan barongsai kali ini antara lain Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Filipina.

"Umumnya negara yang dipastikan ikut kejuaraan ini masih diikuti oleh negara-negara Asia yang masih memiliki kepedulian terhadap tarian tradisional asal Tiongkok seperti 6 negara tadi,” ucapnya, Jumat (3/2/2023) pagi mengakhiri. (sgh/wna)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral