Kereta kencana berusia 132 tahun di Kuil Sree Soepramaniem Nagaratta Jalan Kebun Bunga Medan.
Sumber :
  • Tim TvOne/Sri Gustina Hasan

Kereta Kencana Milik Umat Hindu Berusia 132 Tahun, Menarik Perhatian Warga Kota Medan Saat Festival Thaipusam

Senin, 6 Februari 2023 - 14:56 WIB

Medan, Sumatera Utara - Puncak perayaan Festival Thaipusam di Medan diakhiri dengan parade kereta kencana yang berusia 132 tahun, Minggu (5/2/2023) malam.

Pelepasan kereta kencana diawali dengan pemecahan satu buah kelapa. Lalu kereta kencana ditarik oleh umat Hindu dan ditunggangi pendeta yang diarak ke jalan - jalan protokol Kota Medan dengan diikuti oleh ratusan penganut agama Hindu lainnya dengan berjalan kaki.

Kayu jati Burma menjadi kayu pilihan untuk kereta kencana karena memiliki tekstur batang yang lurus hingga mencapai 50 - 70 meter, tidak mudah retak meski sudah berumur dan tahan di segala cuaca, serta memiliki tekstur corak yang indah.

Perawatan ringan seperti pengecatan ulang dengan warna khas kuning keemasan, dan menjaga kebersihan kereta kerap dilakukan.

Vijay, salah satu pengurus Kuil Sree Soepramaniem Nagarattar menjelaskan, kereta kencana memiliki lebar empat meter dengan panjang enam meter. Kereta kencana  juga memiliki ornamen patung dewa dan aksesoris untuk memperindah. 

“Patung dewa yang disusun rapi di kereta kencana ini memiliki banyak makna," jelasnya.

Vijay menambahkan, patung yang berada di kereta adalah patung Dewa Brahmana. Dalam kisahnya, ia dihukum karena tidak bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Dewa Murugan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral