Para delegasi Angkatan Laut anggota NIOHC saat bertemu di Yogyakarta, Senin (13/2/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Angkatan Laut Negara di Samudra Hindia Utara Bahas Isu Strategis di Yogyakarta

Senin, 13 Februari 2023 - 20:24 WIB

Sleman, DIY - TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menggelar pertemuan International North Indian Ocean Hydrographic Commission (NIOHC) ke-22 di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta

NIOHC atau Komisi Hidrografi Samudra Hindia Utara merupakan bagian dari International Hydrographic Organization (IHO). IHO sendiri merupakan Organisasi Hidrografi Internasional yang terbentuk sejak tahun 1921.

Pertemuan NIOHC ke-22 di Yogyakarta ini diselenggarakan secara hybrid selama tiga hari, 13-15 Februari 2023. Adapun acara dibuka oleh Komandan Pushidrosal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Chair NIOHC.

Selain tuan rumah Indonesia, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Angkatan Laut dari negara-negara anggota NIOHC di Samudra Hindia Utara. Di antaranya Bangladesh, India, Oman, Australia, Pakistan, Saudi Arabia, Thailand serta Inggris.

"Ada 8 negara yang hadir langsung dan ada 4  yang online, dan ada beberapa membership yang menjadi observer seperti Amerika," kata Chair NIOHC yang juga Komandan Pushidrosal TNI AL Laksamana Madya TNI Nurdihayat, Senin (13/2/2023).

Menurut Nurhidayat, pertemuan NIOHC ke-22 di Yogyakarta ini bersifat teknis. Salah satu isu strategis yang dibahas adalah terkait laut di kawasan Samudra Hindia Utara.

"Ini sebuah pertemuan yang bersifat teknikal, jadi tidak usah heran kalau di situ ada Amerika, Inggris, Rusia, berdampingan duduk bersama. Karena pertemuan ini adalah membicarakan bagaimana membuat laut itu enak, nyaman, dan aman untuk dilayari," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral