Sejumlah pimpinan JOXIN saat menyampaikan klarifikasi atas pemberitaan terkait klitih, Senin (13/2/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Marak Aksi Kekerasan Jalanan, Ormas di Yogyakarta Dorong Gerakan Anti Klitih

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:16 WIB

Yogyakarta, DIY - Persoalan kekerasan jalanan yang kembali mencuat pasca video viral di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta beberapa waktu lalu, kini menuai berbagai keprihatinan di masyarakat.

Sejumlah pihak bahkan terus meningkatkan kerjasama dan bersinergi dengan berbagai stakeholder dalam menanggulangi persoalan kekerasan jalanan di Kota Yogyakarta.

Salah satunya, dari organisasi masyarakat Brigade JOXZIN atau Jogja Islamic Never Die yang merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan yang berbentuk perkumpulan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan beranggotakan ribuan orang dan berbasis massa di Yogyakarta.

Dalam keterangan pers yang disampaikan Komandan Keluarga Besar Brigade JOXZIN, Herry Prasetyo, Senin (13/2/2023), saat ini  pihaknya menjalankan banyak program untuk pemberantasan klithih. Salah satunya dengan membina generasi muda menjauhi narkoba dan mewadahi anggotanya dengan kegiatan yang memiliki nilai keagamaan.

"Salah satu syarat menjadi anggota JOXZIN yakni tidak terlibat dalam tindak kriminal, yang artinya anggotanya harus bebas dari tindak kriminal termasuk klithih. Selain itu masuk anggota JOXZIN harus bebas narkoba," jelas Herry Prasetyo

"Berbagai kegiatan terus kita lakukan sebagai Gerakan Anti Klitih. Banyak cara dapat dilakukan misalnya sosialisasi di kalangan pelajar, kampanye anti narkoba, bakti sosial hingga kegiatan peduli sesama yang kerap dilakukan di tengah masyarakat di Yogyakarta," ungkapnya.

Namun Herry menambahkan, bahwa sangat disayangkan jika saat ini justru masih muncul pemberitaan yang menyudutkan mereka. Padahal seharus bisa melakukan klarifikasi terlebih dahulu agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan bahkan bisa jadi merugikan antar sesama.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral