Pertemuan peneliti se-Asean di FKH UGM, Kamis (16/2/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Andri Prasetiyo

Peneliti se-Asia Tenggara Kumpul di UGM Yogyakarta, Bahas Pencegahan Wabah dari Satwa Liar

Kamis, 16 Februari 2023 - 22:08 WIB

Sleman, DIY - Para peneliti dari berbagai universitas di Asia Tenggara berkumpul di Universitas Gadjah Mada. Mereka menggelar pertemuan Grease Network di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), 16-17 Februari 2023.

"Pertemuan ini untuk membangun kesiapan, kerjasama, serta memetakan potensi terjadinya wabah dari hewan liar agar dapat dicegah," kata Presiden Grease Wayan Tunas Artama, Kamis (16/2/2023).

Menurut Wayan, Grease Network merupakan suatu platform dalam membangun manajemen menuju one health. Utamanya dalam melakukan manajemen resiko untuk penyakit-penyakit emerging dan zoonotik di Asia Tenggara.

Sehingga dibutuhkan upaya kolaborasi dan sinergi dalam pendekatan one health untuk menangani penyakit-penyakit tersebut. Terlebih negara di kawasan Asia Tenggara dikenal sebagai spot-spot disease, penyakit yang kemungkinan menyebar secara global.

"Maka kita harus konsen dengan pendekatan one health yang merupakan pendekatan trans disiplin, lintas sektoral itu. Kita bekerja bersama-sama untuk menangani kemungkinan penyakit-penyakit yang muncul di masa depan terutama yang dari satwa liar," ungkapnya.

Satwa-satwa liar yang dimaksud seperti kelelawar, tikus, anjing, hingga monyet. Serta penyakit-penyakit infeksi virus lainnya seperti penyakit mulut dan kuku (PMK) dan penyakit cacar pada sapi.

"Semua terkait penyakit dan manajemen kontrol termasuk salah satu melakukan surveilans sebelum terjadi wabah itu. Kita harus bisa melakukan mitigasi sehingga wabah dapat dikendalikan dan dicegah secara baik," terang Wayan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral