Petugas Dishub Kota Yogyakarta menempel stiker layak jalan..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Jelang Arus Mudik, Ratusan Bus Jalani Pemeriksaan di Terminal Giwangan

Rabu, 5 April 2023 - 11:05 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com-  Jelang arus mudik Lebaran 2023, ratusan bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) di Terminal Giwangan Yogyakarta menjalani pemeriksaan Ram Check kendaraan.

Kegiatan tersebut digelar Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, pada Rabu (5/4/2023).

Setiap kendaraan angkutan umum yang melintas di terminal diperiksa petugas mulai dari kelayakan, surat-surat kendaraan dan surat izin pengemudinya agar menjamin keselamatan penumpang pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Menurut Kepala Dinas Perhubugan Kota Yogyakarta, Agus Arif Nugroho, ratusan bus AKAP di terminal Giwangan akan dilakukan pemeriksaan kendaraan baik fisik maupun non fisik dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik dan balik Lebaran. 

"Pemeriksaan ram check ini meliputi pengecekan dasar kondisi rem, lampu-lampu serta wiper kendaraan. Rem check juga kita lakukan terhadap kelengkapaan surat-surat kendaraan maupun surat izin mengemudi. Hal itu untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang selama perjalanan mudik Lebaran," jelasnya.

Dalam pemeriksaan Rem check, petugas Dishub Kota Yogyakarta masih menemukan lapisan kaca lampu bus yang kondisinya hanya ditutup dengan plastik. 

"Akan terus kita lakukan pemeriksaan, bagi kendaraan yang dinyatakan tidak layak jalan, maka petugas tidak memberi izin kendaraan melakukan aktifitas pengangkutan penumpang. Namun yang lolos Ram Check maka kita beri tanda stiker layak jalan sehingga diperbolehkan beroperasi," ungkap Agus. 

Sementara, sejumlah pengemudi Bus AKAP mengaku tidak keberatan dengan kegiatan pemeriksaan Ram Check. Bahkan mereka merasa terbantu untuk memastikan kelaikan kendaraan bus mereka. 

"Ya, saya suka juga. Karena ini demi kepentingan umum. Kalau sudah dinyatakan aman dan layak jalan, juga pengemudi lebih nyaman. terbantu juga karena saya kan jarak jauh ya antar kota, sehingga memang kondisi kendaraan harus memenuhi syarat kalayakan kendaraan. Saya oke oke saja," jelas Nurdin.

Hal senada disampaikan pengemudi lain, Bambang Listyo, yang mengaku akan mengikuti aturan sebab demi kebaikan bersama. 

"Saya sendiri secara mandiri juga selau memeriksa kondisi kendaraannya. Ia juga selalu menjaga kondisi fisik pengemudi dan saling meningatkan kepada penumpang juga," ungkap Listyo.

Uji kelayakan pemeriksaan kendaraan angkutan bus AKAP akan terus dilakukan secara rutin selama masa angkutan Lebaran 2023. Pemeriksaan diharapkan bisa menjamin kenyamaan dan keselamatan penumpang selama musim arus mudik dan balik. (Nur/Dan)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral