Suasana malam takbiran di kawasan Masjid Gedhe Kauman-Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Kamis (20/4/2023).
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Kemeriahan Malam Takbiran di Kota Yogyakarta, Ribuan Warga Tumpah Ruah di Jalanan

Kamis, 20 April 2023 - 22:33 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Berbagai atraksi dan kreasi anak - anak hingga remaja digelar di Yogyakarta dalam memeriahkan malam Takbiran. Di Masjid Kauman Yogyakarta ribuan peserta mengikuti Lomba Gema Takbir yang mengambil sejumlah rute mengelilingi Masjid Gedhe Kauman.

Malam takbir memang berlangsung meriah di berbagai penjuru kota Yogyakarta setelah selama 3 tahun ditiadakan akibat terimbas Pandemi Covid 19.

Salah satu kemeriahaan itu diantaranya dengan digelarnya takbir keliling "Gema Takbir" yang digelar Angkatan Mudah Muhammadiyah Gondomanan, menampilkan khasanah khas Yogyakarta dalam nuansa islami.

Lomba Gema Takbir tahun ini bertema Jogja Bertakbir Mencerahkan Syiar ini memperebutkan Piala Sultan. Kegiatan dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir yamg menyampaikan pesan perdamaian dan persaudaraan pada momen Idul Fitri 1444 H.

Suasana malam takbiran di Yogyakarta, Kamis (20/4).


Memperebutkan Piala Sri Sultan HB X, event ini terselenggara berkat dukungan Keraton Ngayogyakarta, Pimpinan Muhammadiyah dari tingkat daerah hingga pusat dan Takmir Masjid Gedhe.

Dijelaskan, belasan regu peserta yang ambil bagian dalam event Gema Takbir Jogja nantinya, bakal menyuguhkan kebolehan melalui pertunjukan display di area pembukaan, di Pelataran Masjid Gedhe Kauman.

Selanjutnya, para peserta akan menempuh perjalanan menuju kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta untuk melakoni display kedua dengan suasana penuh gegap gempita.

Masyarakat Yogyakarta pun turut larut dalam suasana malam takbir dan berharap perayaan Idul Fitri 1444 H berjalan aman dan damai.



"Semoga Idul Fitri yang dilaksanakan umat muslim, kapanpun Hari Rayanya tetap menjadi anugerah atas kebhinekaan kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Dan kepada pemerintah kita berharap bisa merajut perbedaan dalam kesatuan dan kerukunan Indonesia," ungkap Dyan Parwanto, salah seorang Warga Kota Yogyakarta

Tak hanya di kawasan pusat kota, berbagai kegiatan Malam Takbir juga digelar di berbagai titik diantaranya di Museum Perjuangan Yogyakarta hingga kawasan Kotagede Yogyakarta.  

Kemeriahan malam takbir di Museum Perjuangam dilakukan dengan Festival Takbir Keliling Remaja Masjid se DIY. Kegiatan takbir keliling digelar untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 H. (nur/buz) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral