Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Wukirsari Bantul, Minggu (28/5/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Pariwisata Yogyakarta Sumbang 5-7 Persen pada Pergerakan Wisatawan Nusantara

Senin, 29 Mei 2023 - 10:31 WIB

Bantul, tvOnenews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan kebangkitan dunia pariwisata DIY dalam triwulan pertama tahun 2023 tercatat mampu  menyumbang 5-7 persen dari target pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus). Tahun ini Kemenparekraf menargetkan pergerakan Wisnus 1,4 miliar.

Pernyataan ini disampaikan saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Bantul atas masuknya Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri dalam 75 desa wisata terbaik nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Minggu ( 28/5/2023).

“ Pada triwulan pertama tahun ini,  pariwisata Yogyakarta termasuk Bantul mampu menyumbangkan untuk terpenuhinya target pergerakan Wisnus. Sumbangan dari Yogyakarta sudah melebihi target yaitu lebih dari 5-7 persen,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menambahkan wisatawan mancanegara (Wisman) di Yogyakarta juga mulai hidup. Hal ini  Ini dibuktikan dengan tingkat hunian hotel yang sangat luar biasa penuhnya di setiap musim liburan.

" Oleh karena itu, kemenparekraf  mendorong pelaku wisata untuk mengarahkan Wisnu maupun Wisman untuk beralih memanfaatkan homestay – homestay yang ada di berbagai desa di Yogyakarta sebagai alternatif menginap." jelas Sandi.  

"Kita ingin wisatawan merasakan hal yang berbeda di Yogyakarta. Mereka bisa healing sekaligus refreshing ketika menjadikan homestay sebagai pilihan utama menginap,” lanjutnya.

Sementara itu terkait Desa Wukirsari yang dikenal sebagai pusat kerajinan batik tulis. Sandiaga menilai desa ini menawarkan paket wisata yang sangat komplit. Selain keindahan alam, juga terdapat kekayaan budaya dan produk-produk ekonomi kreatif.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral