Lopis Mbah Satinem.
Sumber :
  • Nuryanto

Kuliner Legendaris Lopis Mbah Satinem di Kampung Bumijo Gowongan Yogyakarta

Sabtu, 3 Juni 2023 - 19:10 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Kota Yogyakarta memiliki beragam kuliner khas yang legendaris dan telah ada sejak puluhan tahun. Salah satunya di sudut jalan Bumijo Jetis agau di Kampung Gowongan Yogyakarta yakni Lopis Mbah Satinem.

Dikemas dan diolah secara tradisional menggunakan daun pisang, Lopis Mbah Satinem selalu buka setiap pagi hari bahkan pembeli mengantri dari sejak pukul 06.00 WIB.

Salah satu pembeli yakni Bimo, wisatawan asal Jakarta yang penasaran karena Lopis Mbah Satinem begitu viral di berbagai medsos.

"Ya karena penasaran. Lopisnya.viral gitu. Ini baru pertama kali mencoba disini, sebelumnya pernah makan di Jakarta, tapi gak seramai di Jogja ini," jelas Bimo.

Lopis mbah Satinem lun selalu ramai dikunjungi dan menjadi salah satu kudapan yang favorit karena rasanya yg khas. Lopis mbah Satinem sendiri telah ada sejak tahun 1963 dan kini merupakan generasi ketiga. Untuk membantu melayani pembeli, Mbah Satinem pun dibantu anak dan cucu.

Lokasi Lopis Mbah Satinem juga terbilang cukup dekat dengan jantung kota Yogyakarta yakni disebelah barat 500 meteran dari Tugu Pal Putih.

Uniknya lagi, Mbah Satinem masih menggunakan bahan-bahan tradisional seperti benang untuk memotong kue lopisnya.


Untuk satu pincuk (kemasan dari daun pisang) dijual sekitar Rp.10.000,- dengan sajian lengkap lopis dengan siraman gula aren yang menambah selera. Bagi para pelanggannya Lopis Mbah Satinem terasa pas disantap saat menemani sarapan pagi.

Namun, jika anda ingin mencoba Lopis Legendaris yang satu ini, bersiaplah sejak pagi. Karena para pembeli wajib antri dengan nomor antrian sejak pagi. Jik trlat biasanya pukul 08.00 WIB Lopis Mbah Satinem telah habis. (Nur) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral