Ratusan warga bersama Kantor Pusat P3E Jawa melakukan bersih sampah plastik di Hutan Mangrove Pantai Baros Bantul, Kamis ( 8/6).
Sumber :
  • Tim tvOne - Santosa Suparman

Sampah Plastik Penuhi Hutan Mangrove Pantai Baros, Ratusan Warga dan P3E Jawa Lakukan Pembersihan

Jumat, 9 Juni 2023 - 09:23 WIB

Bantul, tvOnenews.com -  Ratusan warga bersama  Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa melakukan aksi simpati membersihkan sampah-sampah plastik yang berserakan dan menumpuk di hutan mangrove Pantai Baros, Bantul, Yogyakarta, Kamis (8/6) siang.

Aksi simpatik peduli lingkungan ini digelar dalam rangkaian acara  memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia atau World Environment Day.

Pada tahun 2023 ini mengusung tema Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Kepala P3 E Abdul Muin mengatakan, sesuai dengan tema  HLH solusi penanganan limbah plastik, maka digelar membersihkan sampah plastik di hutan mangrove pantai Baros Bantul Yogyakarta.

Dikatakannya bahwa polusi sampah plastik menjadi permasalahan yang cukup pelik, terutama pergerakan sampah dari daratan yang terbawa aliran sungai dan bermuara ke pesisir dan laut.

World Economic Forum (WEF) mengatakan, ada sekitar 150 juta ton sampah plastik berada di perairan dunia. Pertumbuhannya pun tak kalah hebat, mencapai 8 juta ton per tahunnya. 

" Hal ini juga terjadi di tempat ini. Di Pantai Baros yanga da hutan mangrove ternyata sampah plastiknya banyak. Oleh karena itu kita mengajak sejumlah elemen untuk bersama - sama membersihkan pantai Baros dari sampah plastik," ungkap Abdul Muin pada Jumat (8/6/2023).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral