Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali meluncurkan guguran lava, Minggu (11/6).
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Guguran Lava

Minggu, 11 Juni 2023 - 16:17 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta kembali menunjukkan aktivitas luncuran guguran lava maupun kegempaan yang cukup tinggi pada periode pengamatan Minggu (11/6) pukul 06:00 - 12:00 WIB.

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengamati terjadinya guguran lava sebanyak 2 kali dengan jarak luncur maksimum 1,5 kilometer (1500 meter) ke barat daya (Kali Bebeng). Selain itu, juga teramati suara guguran sebanyak 1 kali dengan intensitas kecil dari Pos Babadan. Secara visual, tampak kabut 0-III dan asap kawah nihil. 

Dari data seismogram, terekam kegempaan guguran sebanyak 24 kali, hybrid/fase banyak 1 kali, dan tektonik jauh 1 kali. 

Pada periode ini, cuaca di sekitar Gunung Merapi terpantau mendung dan cerah. Angin bertiup tenang ke arah timur. Suhu udara 21-25 °C, kelembaban udara 65-91,5 %, dan tekanan udara 873-918 mmHg. 

BPPTKG Yogyakarta masih menetapkan tingkat aktivitas Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. 

Pada sektor tenggara, meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer. Lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. 

Masyarakat diimbau tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya dan mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi, serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. 

Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali. (Nur/Ard)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral