Pawang gajah di TWC Borobudur harus berpisah dengan gajah yang dirawatnya..
Sumber :
  • tim tvOne - Nuryanto

Kisah Haru antara Pawang dan Satwa, Tiga Pawang Gajah Menangis Sedih karena Berpisah dari Satwa yang Mereka Rawat

Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:21 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Persahabatan antara manusia dan satwa menjadi kisah yang mengharukan dan menginspirasi. Bahkan, kedekatan emosional antara manusia dan satwa yang terjalin hingga belasan tahun memiliki interaksi yang begitu erat selayaknya persahabatan dan hubungan keluarga.

Hal itu berlaku antara pawang dan satwa gajah yang ada di Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Magelang Yogyakarta. Namun, pada Rabu (14/6/2023) malam lalu, para pawang gajah ini tak lagi kuasa menahan keharuan bahkan meneteskan air mata kala harus berpisah dengan satwa yang telah lama mereka rawat tersebut.

Ketiga pawang gajah itu, Andra Sofingin, Andi, dan Kadir mengaku merasakan kesedihan yang cukup mendalam ketika harus berpisah dengan satwa gajah yang ditranslokasi (dipindah) dari TWC Borobudur ke Gembira Loka Zoo Yogyakarta.

"Ya, kami mengenal gajah berawal dari hobi. Sebuah hobi berasal dari hati," ungkap Andra berkaca-kaca, Jumat (16/6) saat ditemui di GL Zoo Yogyakarta.


Ketiga satwa gajah yang dipindah dari TWC Borobudur ke GL Zoo adalah gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang terdiri dari satu ekor jantan bernama Endra (umur 30 tahun) dan dua gajah betina, yakni Echa (36) dan Lis (36).

Manager Humas GL Zoo, Yossi Hermawan menjelaskan bahwa ketiga ekor gajah dari TWC itu juga merupakan satwa milik negara yang ditiitipkan ke GL Zoo. Diharapkan, nantinya gajah-gajah tersebut dapat berkembang biak dengan baik.

Translokasi gajah dilakukan karena saat ini Borobudur sudah tidak mengelola gajah lagi sehingga pihak TWC Borobudur memilih GL Zoo yang dinilai cukup dekat dan mampu mengelola gajah.

"Jadi, saat ini, gajah-gajah berada di GL Zoo, pada prinsipnya satwa yang dilindungi, seperti gajah-gajah ini merupakan satwa milik negara," jelas Yossi.

Hingga kini, ketiga satwa gajah yang ditranslokasi dalam kondisi baik dan bisa beradaptasi. (Nur/Ard)


 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral