Gunung Merapi Terkini Sabtu (17/6/2023).
Sumber :
  • Nuryanto

Update Aktivitas Gunung Merapi, Dalam Sepekan Luncurkan 119 Kali Guguran Lava

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:51 WIB

Yogyakarta, tvOnenews.com - Dalam sepekan Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang cukup tinggi.

Balai Penyelidikan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mengamati aktivitas Gunung Merapi dalam sepekan (9 - 15 Juni 2023) terjadi guguran lava sebanyak 119 kali ke arah barat daya (hulu Kali Bebeng) dengan jarak luncur maksimal 2 kilometer (2.000 m). 

Selain itu teramati suara guguran terdengar 55 kali dari pos Babadan dengan intensitas kecil hingga sedang.

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso menyebutkan dalam periode ini, cuaca di sekitar Gunung Merapi umumnya cerah pada pagi dan malam hari, sedangkan siang hingga sore hari berkabut.


                           (Situasi Gunung Merapi di Perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah)

"Pada kubah barat daya, teramati adanya perubahan morfologi yang terjadi akibat adanya guguran lava. Untuk kubah tengah tidak teramati perubahan morfologi yang signifikan," jelas Agus Budi.

Sementara untuk intensitas kegempaan pada minggu ini lebih rendah dibandingkan minggu lalu, namun gempa Guguran masih dalam jumah yang cukup tinggi.

"Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan pemendekan jarak tunjam sebesar 0,1 cm/hari," terangnya.

BPPTKG juga mengamati pada minggu ini terjadi hujan di Pos Pengamatan Gunung Merapi dengan intensitas curah hujan sebesar 8 mm/jam selama 30 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 12 Juni 2023.

"Aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat SIAGA," terang Agus Budi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral