Kementerian PUPR menggelar workshop menyambut World Water Forum..
Sumber :
  • tim tvOne - Andri Prasetiyo

Sambut World Water Forum, Kementerian PUPR Bahas Sanitasi Hingga Pendanaan Air Bersih

Selasa, 4 Juli 2023 - 20:46 WIB

Sleman, tvOnenews.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Water Forum di Bali, 19-24 Mei 2024. Forum Air Dunia ke-10 itu akan mengusung tema 'Water for Shared Prosperity'.

Sebagai rangkaian menyambut forum tiga tahunan itu, Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan (DJPI) Kementerian PUPR ikut berpartisipasi dalam sub tema Sustainable Water FinanceSalah satunya dengan menggelar workshop ketiga di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Wakil Ketua Program World Water Forum ke-10 Arie Setiadi Moerwanto menjelaskan, kegiatan tersebut akan membahas persoalan air dan sanitasi, termasuk mencarikan solusinya.

"Satu hal yang menarik telah diidentifikasi tidak hanya di Indonesia, tapi berbagai dunia adalah terkait Sustainable Water Financing. Jadi, hari ini, kita akan coba berdiskusi di sini, apa sih problem di sana dan mencari jalan keluar," jelasnya, Selasa (4/7/2023).

Dalam kegiatan workshop tersebut, juga dihadirkan sejumlah pakar yang kompeten di bidangnya. Mereka akan diajak membahas tantangan dan peluang utama terkait pembiayaan air yang berkelanjutan, seperti akses untuk air minum yang layak bisa terpenuhi dengan cepat, termasuk strateginya. Selain itu, juga dalam mengamankan dan meningkatkan pendanaan untuk akses air bersih dan sanitasi.

Selain itu, juga soal ancaman besar yang berkaitan dengan perubahan iklim.

"Kita ini memerlukan suatu dana bersama karena dia tidak dihadapi oleh orang per orang, tapi sama dan ini kita juga harus melakukan suatu kesepakatan bagaimana menghadapinya," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
02:52
Viral